Peminat FIA UHO Terus Bertambah – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Peminat FIA UHO Terus Bertambah

Arifin Uta. Foto (RAJAP/BKK)

Arifin Uta. Foto (RAJAP/BKK)

KENDARI,BKK – Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) merupakan fakultas terbaru di Universitas Haluoleo (UHO) Kendari yang terbentuk Desember 2015 lalu, setelah sebelumnya masih sebagai jurusan dan bernaung di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). Namun demikian, mahasiswanya kini mencapai 2.243 orang.

“Tahun lalu hanya sekitar 1.200 mahasiswa saja dan saat ini kami sudah memiliki sebanyak 2.243 mahasiswa dari dua program studi,” terang Dekan FIA Arifin Uta, pada wartawan Harian Berita Kota Kendari (BKK) saat ditemui di ruang kerjanjanya, Selasa (6/9).

Dijelaskan Arifin, saat ini FIA UHO memiliki dua program studi (Prodi) yaitu prodi ilmu administrasi negara dan prodi ilmu administrasi bisnis. Prodi ilmu administrasi negara memiliki kosentrasi ilmu perpajakan, sedangkan ilmu administrasi bisnis memiliki kosentrasi pariwisata.

Dirincikannya, ilmu administrasi negara angkatan 2013 memiliki mahasiswa 269 orang dan 2014 bertambah 406 orang. Selanjutnya di 2015 jumlah mahasiswanya bertambah lagi 227 orang dan di 2016 sebanyak 371 orang, serta kosentrasi administrasi perpajakan yang baru dibentuk memiliki mahasiswa sebanyak 80 orang.

Sementara ilmu administrasi bisnis angkatan 2013 sebanyak 95 orang dan 2014 sebanyak 45 orang. Selanjutnya di 2015 bertambah 213 orang, 2016 sebanyak 336 dan konsentrasi pariwisata 200 orang.

“Untuk meningkatkan jumlah mahasiswa, kami bekerjasama dengan perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia termasuk Universitas Indonesia yang memiliki ilmu perpajakan. Saya belajar dari situ juga bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang yang memiliki fakultas ilmu administrasi tertua di Indonesia,” ungkapnya.

Arifin berharap, kedepan FIA terus mengalami peningkatan yang bukan hanya dari segi kuantitas, tapi juga dari kualitas mahasiswa serta dosen.

“Semoga dalam waktu dekat, FIA juga bisa memiliki gedung sendiri karena saat ini masih satu gedung dengan Fisip,” pungkasnya. (p8/nur)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top