Harga Hewan Kurban di Tingkat Petani Naik – Berita Kota Kendari
Beranda

Harga Hewan Kurban di Tingkat Petani Naik

KENDARI, BKK – Harga hewan kurban di tingkat petani peternak di Kabupaten Konawe Selatan dan daerah lain di Sulawesi Tenggara naik seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat menjelang Idul Adha 1437 Hijriyah.

“Menjelang Idul Adha secara berangsur harga hewan kurban mengalami kenaikan karena permintaan masyarakat cukup besar,” kata Supardi (50), petani peternak hewan kurban sapi Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Senin (5/9).

Supardi mengatakan, harga sapi ukuran sedang sebelumnya hanya berkisar Rp7,5 juta per ekor naik menjadi Rp 8,5 juta untuk umur 2,5 tahun. Sementara sapi ukuran besar umur di atas 3 tahun naik dari Rp 9 juta menjadi Rp 10 juta per ekor.

“Kenaikan harga hewan kurban jenis sapi rata-rata mencapai Rp500-Rp1 juta per ekor,” katanya seraya menambahkan bahkan ada hewan kurban di atas Rp15 juta dengan ukuran besar, setara dengan anak kerbau umur 2-3 tahun.

Dikatakan, tingginya kenaikan harga hewan kurban karena masyarakat selain memperhitungkan proses peternakan (dikandangkan) hingga ketersediaan pakan yang setiap hari harus tersedia.

Ia mengatakan, kalaupun terjadi kenaikan harga hewan kurban, penjualan tidak mengalami masalah karena masyarakat sudah relatif banyak memesan pada bulan sebelumnya.

“Semakin dekan hari raya, maka semakin mahal pula harga sapi kurban maupun kambing yang ditawarkan para peternak,” ujaranya.

Hal senada pun disampaikan Agus (45), peternak sapi di Kabupaten Bombana yang mengatakan, kenaikan harga sapi kurban juga dipengaruhi jarak tempuh pembelian hewan tersebut.

Ia mengatakan, meski harga hewan kurban di Bombana sedikit lebih murah dengan hewan kurban di Konawe Selatan, namun ongkos kirimnya justru lebih mahal karena jaraknya lebih jauh.

Biasanya semakin jauh membeli sapi kurban, maka ongkos kirim hewan kurban itu juga diperhitungkan.

“Di samping para pedagang saat melewati pos-pos penjagaan harus membayar retribusi untuk daerah dengan besarannya antara Rp 50.000 – Rp 100.000 sekali muat,” ujaranya. (ant)

Click to comment
To Top