DPD Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota Poleang Raya – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

DPD Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota Poleang Raya

RUMBIA, BKK – Rencana wilayah Poleang untuk dimekarkan dari kabupaten induknya, Bombana dan membentuk satu Daerah Otonomi Baru (DOB) terus berlanjut. Awal pekan ini, empat anggota Komite I, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI turun langsung meninjau lokasi persiapan penempatan calon ibu kota Poleang Ray, di Kelurahan Laeya kecamatan Poleang Selatan.

Keempat anggota DPD-RI tersebut adalah anggota DPD-RI perwakilan Sultra, H Yusran A Silondae, Akhmad Muqowam asal Jawa Tengah, Udarni Rani utusan Provinsi Bangka Belitung, serta anggota DPD asal Jawa Timur Abd Qadir Amir Hartono.

Akhmad Muqowam mengatakan, secara kewilayahan rencana pemekaran wilayah Poleang menjadi DOB sudah memenuhi syarat. Meski begitu DPD-RI hanya sebatas melaksanakan tahapan pemekaran satu wilayah menjadi DOB. Penentuan layak atau tidaknya suatu calon DOB untuk memekarkan diri adalah DPR dan pemerintah.

“Terkait rencana pemekaran ini, kita akan usulkan rencana pemekaran daerah kabupaten dan provinsi se-Indonesia termasuk Poleang. Selanjutnya akan disahkan oleh pemerintah dan DPR,” kata Akhmad Muqowam yang dikonfirmasi wartawan di Rujab Bupati Bombana, Senin (5/9) malam.

Dia mengatakan, meski Kabupaten Bombana memiliki dua wilayah yang akan memekarkan diri menjadi DOB baru, yakni Kepulauan Kabaena dan Poleang Raya, namun hal tersebut tidak menjadi soal sepanjang memenuhi syarat pemekaran.

“Jadi sepanjang syarat kewilayahan dan syarat pendukung lainnya memenuhi syarat, saya kira Poleang juga bisa mekar,” ujar, anggota DPD asal Jawa Tengah ini.

Yang lebih mengetahui layak dan tidaknya wilayah ini (Poleang) untuk mekar, tambah dia, adalah pemerintah daerah dan DPRD Bombana sendiri. (cr2)

Click to comment
To Top