29 November, Identitas PNS Pemalsu Ijazah Diumumkan – Berita Kota Kendari
Headline

29 November, Identitas PNS Pemalsu Ijazah Diumumkan

Lukman Abunawas

Lukman Abunawas

KENDARI, BKK- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sudah mengantongi identitas sebanyak 21 PNS yang menggunakan ijazah palsu untuk kenaikan pangkatnya. Identitas mereka pun akan diumumkan di hadapan publik sebagai salah bentuk efek jera.
Sekretaris Pemprov Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, pengumuman identitas 21 PNS tersebut akan diumumkan pada 29 November, yang bertepatan dengan peringatan Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).
“Akan diumumkan nama-namanya serta sanksinya pada saat upacara Korpri nanti. Saat itu juga kita turunkan pangkat mereka,” kata Lukman.
Lukman menyatakan, jumlah tersebut sudah difinalkan dari 500 PNS yang terindikasi menggunakan ijazah palsu. Paling banyak berasal dari dinas kesehatan.
“PNS yang menggunakan ijazah palsu ini paling banyak kesehatan. Untuk sekarang belum bisa kita ekspos nama-namanya. Nanti saat upacara Korpri. Apalagi sekarang kita sibuk dengan banyak agenda, seperti pelantikan dan Idul Adha,” kata Lukman di Kendari, Selasa (6/9).
Dia menjelaskan, dari hasil penyelidikan tim yang dibentuk oleh Pemprov, para PNS ini memalsukan ijazah pendidikannya untuk mendapatkan kenaikan pangkat. Karena itu, sanksi yang akan dijatuhkan adalah menurunkan pangkat mereka seperti sebelum mengajukan ijazah palsu tersebut.
“Sanksi yang akan diberikan kepada mereka adalah golongan mereka akan diturunkan dan disesuaikan dengan pendidikan terakhir,” tambahnya.
Dia mencontohkan, jika PNS awalnya golongan 2B lalu dengan ijazah palsunya dinaikkan golongannya menjadi 3A, maka akan diturun kembali ke posisi golongan 2B.
“Penurunan golongan ini akan diupacarakan di depan umum agar menjadi pelajaran bagi yang lainnya,” kata dia. (p7/c/aha)

Click to comment
To Top