Pengadilan Tolak Gugatan Keluarga Almarhum Jalil – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Pengadilan Tolak Gugatan Keluarga Almarhum Jalil

KENDARI, BKK – Sempat optimistis permohonannya akan dikabulkan, pihak keluarga almarhum Abdul Jalil Arqam justru harus menelan pil pahit. Gugatan mereka untuk mempraperadilankan Polres Kendari atas dugaan kesalahan dalam prosedur penangkapan dan penanganan sehingga menyebabkan Jalil meninggal dunia, ditolak oleh Pengadilan Negeri Kendari.
Dalam sidang praperadilan yang berlangsung Senin (5/9), Lukman Ahmad selaku hakim tunggal menyatakan bahwa penangkapan terhadap Abdul Jalil yang diduga terlibat dalam kasus pembegalan itu, sudah sesuai dengan prosedur. Mengenai dugaan adanya tindak kekerasan yang diduga menyebabkan Jalil meninggal dunia, menurut Lukman itu di luar dari materi praperadilan.
“Dengan segala pertimbangan, sehingga menolak seluruh gugatan praperadilan yang diajukan pemohon. Jika keberatan, pihak pemohon bisa mengambil langkah hukum yang berlaku,” kata Lukman Ahmad saat membacakan putusan praperadilan tersebut.
Ditemui usai sidang, penasehat hukum keluarga almarhum Abdul Jalil, Sadang Nur belum mau mengomentari keputusan hakim itu. “Untuk sementara, saya belum bisa berkomentar apa-apa. Kami akan komunikasikan dulu dengan teman-teman LBH Kota Kendari,” kata Sadang.
Di lain pihak, penasihat hukum Polres Kendari, Nasruddin SH menyatakan putusan majelis hakim sudah tepat. Sebab polisi sudah menjalani penangkapan sesuai prosedur yang berlaku.
“Tidak ada jalan lain, harus menghargai keputusan ini. Majelis hakim sudah benarkan bahwa proses penangkapan itu sudah sesuai prosedur. Berarti, ya sudah tidak ada masalah,” pungkasnya. (p5/b/aha)

Click to comment
To Top