Kembangkan Potensi Sawah, Segera Bentuk Demplot – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Kembangkan Potensi Sawah, Segera Bentuk Demplot

Kepala Bappeda Konkep, Ir Abdul Halim MSi

Kepala Bappeda Konkep, Ir Abdul Halim MSi

LANGARA, BKK – Melihat potensi lahan persawahan yang ada di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep wacanakan untuk segera membentuk Demonstration Plot (Demplot) sebagai lahan percontohan bagi masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Konkep, Ir Abdul Halim MSi mengungkapkan, adanya demplot, selain meningkatkan produktivitas, juga dapat memotivasi masyarakat untuk mengembangkan potensi pertanian. “Kita wacanakan, mudah-mudahan tahun 2017 nanti sudah bisa terlaksana, melihat potensi pertanian yang ada di Wawonii, terutama potensi persawahan. Ini perlu kita kembangkan dengan membangun demplot sebagai bahan percontohan untuk masyarakat,” katanya.

Sebagai langkah awal, lanjut Halim, saat ini Pemkab Konkep sudah memiliki sebanyak tiga titik lahan persawahan, yakni Wawouso, Ladianta, dan Labeau. Hal tersebut akan terus dikembangkan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Konkep.

“Sudah dilakukan penelitian, ada120 hektare tanah yang potensial sebagai lahan persawahan dan tiga titik sudah dikelola tinggal bagaimana dikembangkan,” ujar Halim.

Melihat potensi persawahan yang ada di Konkep dan didukung dengan pengelolaan yang baik, Halim memprediksi kurun waktu sepuluh tahun ke depan, masyarakat Konkep tidak akan lagi membeli beras di daerah lain. Sebaliknya masyarakat Konkep yang akan menyuplai beras ke daerah lain seperti Kendari. (k4/d)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top