DAU Baubau Ditunda, Program Pro Rakyat Tetap Jalan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

DAU Baubau Ditunda, Program Pro Rakyat Tetap Jalan

BAUBAU, BKK – Meski Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau ditunda, namun program-program pro rakyat yang telah dianggarkan di tahun 2016 dari DAU akan tetap dijalankan. Dampak dari penundaan DAU akan berpengaruh dan dirasakan langsung untuk belanja operasional dan belanja modal.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Muh Djudul, Senin (5/9). Pemkot Baubau, kata Djudul, sudah melakukan upaya-upaya penyelesaian untuk menutupi ditundanya dana sebesar Rp 56 miliar tersebut. “Tentu belanja-belanja lain yang akan kita lakukan evaluasi dan penyesuaian,” katanya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Baubau, Abdul Fatar mengatakan, seluruh kegiatan akan disesuaikan di pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (ABPD-P). Kegiatan yang akan ditunda akibat penundaan DAU itu adalah kegiatan yang belum jalan dan dianggap kurang prioritas. “Pastilah, artinya yang tidak terlalu urgen (penting) itu yang kita pending,” ungkapnya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Baubau, Roni Muchtar menyebut, dari sisi perencanaan akan dilihat kembali di APBD Perubahan. Namun yang pasti kata dia, sesuai arahan pimpinan, yang diusahakan tetep menjadi prioritas adalah program di dua hal.

Dua hal itu, kata dia, yakni program yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat. Kemudian program dan kegiatan yang juga berkaitan dengan perencanaan di tahun 2017 mendatang. Dua dasar itu kata dia menjadi perhatian agar tidak dihilangkan akibat dampak dari penundaan DAU.

“Ya kita harus mengatur kembali isinya, disesuaikan dengan adanya besara DAU itu, tapi dalam waktu secepatnya kita akan sampaikan ke DPRD untuk dibahas lebih lanjut,” tutup Roni. (k2/b)

 

To Top