Buser Ringkus Empat Pencuri Spesialis Nasabah Bank – Berita Kota Kendari
Headline

Buser Ringkus Empat Pencuri Spesialis Nasabah Bank

ONO/BERITA KOTA KENDARI MODUS KEMPESKAN BAN MOBIL. Kapolres Kendari, AKBP Sigid Haryadi memperlihatkan barang bukti kejahatan yang digunakan para pelaku dengan modus mengempiskan ban atau memecah kaca kendaraan korbannya, di Polres Kendari, Senin (5/9).

ONO/BERITA KOTA KENDARI
MODUS KEMPESKAN BAN MOBIL. Kapolres Kendari, AKBP Sigid Haryadi memperlihatkan barang bukti kejahatan yang digunakan para pelaku dengan modus mengempiskan ban atau memecah kaca kendaraan korbannya, di Polres Kendari, Senin (5/9).

KENDARI, BKK – Tim Buru Segap (Buser) Kepolisian Resor (Polres), Kendari berhasil menangkap empat pencuri spesialis nasabah bank. Modus yang mereka gunakan adalah membuat ban mobil korban kempis atau memecah kacanya.
Keempat pelaku tersebut adalah Ridwan (36), Suwandi Alias Cebol (25), Syarifudin (24) dan Darlin (31). Keempatnya dibekuk di tempat berbeda di Kota Kendari. Selain itu, polisi juga menyita paku payung yang biasa digunakan komplotan ini untuk mengempiskan ban mobil korban.
Para pelaku ini pun diekspos kepada publik, di Mapolres Kendari, Senin (5/9). Polisi juga memperlihatkan sejumlah barang bukti yang digunakan untuk melancarkan kejahatan mereka.
Diantaranya satu unit motor metik Honda Beat berwarna hitam dengan Bernomor Polisi (Nopol) DT 4615 QE, paku yang dimodifikasi, besi rangka payung yang dimodifikasi, kunci letter T dan satu unit ponsel merek Lenovo. Polisi juga memperlihatkan sejumlah tas ransel yang digunakan para pelaku untuk memuat peralatannya itu.
Tak hanya itu, polisi juga mengamankan dua alat hisap sabusabu atau bong dan beberapa bilah senjata tajam. Karena itu, polisi akan menjerat para pelaku dengan pasal berlapis.
Salah seorang tersangka, Darwin mengaku sudah sebulan terakhir ini berdomomisili di Kota Kendari. Selama itu pula, dia telah menjalankan sejumlah aksinya, diantaranya di Kemaraya, Mandonga dan Baruga.
“Masih ada pelaku lain dari jaringan ini yang kita kejar,” kata Kapolres AKBP Sigid Haryadi S IK.
Kapolres menjelaskan, dalam aksinya, komplotan ini berbagi tugas dalam tiga kelompok. Kelompok pertama bertugas mengintai calon korban di bank. Kelompok kedua kemudian mengikuti mobil dan menempel paku modifikasi ke ban.
Lalu kelompok ketiga bertugas menggasak uang yang baru saja dicairkan dari bank, saat korban turun memeriksa ban mobilnya. “Hasil dari pencurian ini mereka pakai foya-foya. Diantaranya digunakan untuk membeli sabusabu,” jelas Kapolres sambil menunjuk dua buah bong yang disita dari kediaman salah satu tersangka.
Keempat tersangka juga diketahui bukan berasal dari Kota Kendari. Jika berhasil menjalankan aksinya, uang itu dibagi lalu mereka kembali ke kampung halamannya. Saat uang hasil kejahatan itu habis, mereka kembali lagi ke Kendari dan menyusun aksi selanjutnya.
Keempat pelaku ini dikenakan pasal 363 dan pasal 365 KUHP dengan ancaman 5 sampai sembilan 9 tahun penjara. (p4/c/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top