Warga Mekongga di Koltim Gelar Monahu Ndau – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Warga Mekongga di Koltim Gelar Monahu Ndau

T‎IRAWUTA, BKK – Warga suku Tolaki Mekongga di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), menggelar acara adat monahu ndau atau memasak tahunan di Desa Lara, Kecamatan Tirawuta, Jumat (2/9).

Ketua penyelenggara ‎Said Rangga Wula mengatakan, ritual monahu ndau yang dirangkaikan mosehe wonua (pembersihan kampung), dilaksanakan setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen padi sawah. Acara ini biasa dilaksanakan sebelum masuk Hari Raya Iduladha. “Monuhu ndau kata merupakan acara ritual adat Suku Tolaki Mekongga yang dilaksanakan setiap tahun usai panen pertanian dan perkebunan. Acara ini telah dilaksanakan selama 13 tahun,” katanya.

Acara ini diawali tarian penyambutan, berupa lulo Sangia, di mana yang lulo hanya perempuan paruh baya yang beda dengan lulo kebanyakan, diiringi alunan gong (tawatawa) dan gendang tanah (dimba wuta) yang terbuat dari kelopak sagu dan rotan. Tarian lulo yang dilengkapi dengan mombesara (memohon Izin) dengan menggunakan kalo sara (lingkaran dari rotan) yang diletakan di depan tamu pemerintah sebagai tanda memohon izin penyelenggaraan kegiatan.

Mosehe Wonua dipercaya Suku Tolaki sebagai media perantara untuk meminta petunjuk kepada Tuhan yang maha esa, agar kampung atau daerah dijauhkan dari malapetaka atau kekotoran akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.‎

Said Rangga berharap acara ini dapat dijadikan wisata alternatif di Koltim untuk wisatawan lokal maupun nasional. Karena itu diharap peran serta pemerintah dalam melestarikan budaya nenek moyang ini.

Kadis Pariwisata Kolaka Timur, Marce Kasim menyambut baik kegiatan ini, sebab meskipun dilaksanakan secara sederhana, tapi makna yang terkandung di dalamnya memberikan inspirasi yang luar biasa. “Di sini hadir tim dari Pariwisata guna melakukan riset terkait acara tahunan ini,” katanya. (cr3/c)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top