Satu Siswa SMAN 4 Kendari Akan Ikuti Seleksi Olimpiade Internasional – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Satu Siswa SMAN 4 Kendari Akan Ikuti Seleksi Olimpiade Internasional

Muhammad Achir Suci Ramadan. Foto: (RAJAP/BKK)

Muhammad Achir Suci Ramadan. Foto: (RAJAP/BKK)

KENDARI, BKK – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kendari akan mengirimkan satu orang siswanya, pada seleksi olimpiade internasional bidang studi komputer yang akan diselenggarakan di Bandung 25 September sampai dengan 25 Oktober mendatang.

Siswa SMAN 4 Kendari itu adalah Muhammad Achir Suci Ramadan. Ia sekaligus sebagai siswa satu-satunya yang akan mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) di seleksi olimpiade tersebut.

“Dia berhak mengikuti seleksi olimpiade internasional mewakili Sultra karena sebelumnya dia berhasil meraih medali perak pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA sederajat yang berlangsung di Kota Palembang 15-21 Mei lalu,” jelas Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum SMAN 4 Kendari Suradin pada wartawan Berita Kota Kendari di meja kerjanya, Sabtu (3/9).

Lanjut Suradin, Achir sapaan akrab siswa tersebut, akan berkompetisi dengan 31 siswa yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia yang memperoleh medali, termasuk peraihmedali emas dan medali perunggu pada OSN di Palembang Mei lalu.

“Dari 31 orang tadi akan diseleksi menjadi empat besar untuk mewakili Indonesia pada olimpiade internasional yang akan berlangsung di Kota Teheran ibukota negara Iran tahun depan,” tambahnya.

Sementara pembimbing Achir, Muhammad Sahrani yang juga seorang guru mate-matika di sekolahnya mengatakan, saat ini belum ada bimbingan khusus yang Ia berikan kepada siswanya tersebut.

“Saat ini Achir masih belajar sendiri tapi dalam waktu dekat kami akan lakukan pembinaan sebelum dia berangkat ke Bandung,” terang Sahrani.

Sahrani mengatakan, perasaan bangganya terhadapa Achir atas prestasi yang dimilikinya. Prestasi tersebut menurutnya, bukan hanya membawa harum nama sekolahnya namun nama Sultra juga ikut terangkat.

Ditemui di tempat terpisah, Achir mengaku kesulitan untuk bersaing dengan para peserta yang kemampuannya lebih hebat dari dirinya. Namun, dia tetap optimis untuk bisa bersaing secara sehat dan berharap bisa mewakili Indonesia di Teheran tahun depan.

“Saya akui peserta lain memiliki kemampuan yang lebih hebat dari saya, namun saya tetap optimis untuk bisa bersaing di kompetisi ini dan bukan hal yang tidak mungkin saya bisa menjadi salah satu wakil Indonesia pada kompetisi ini,” tutur Achir di ruang kelasnya. (p8/nur)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top