Aktualita

Pelayanan untuk JCH Kita Masih Buruk

ft laporan hajiLaporan:
Dr Ir Ruksamin MSi
Bupati Konut
dari Makkah

Janji pemerintah khususnya Kementerian Agama untuk meningkatkan pelayanan haji ternyata belum sepenuhnya bisa terlaksana. Buktinya, jemaah haji asal Konawe Utara (Konut) masih merasakan pelayanan yang buruk dari pengelola haji di tanah suci Makkah.
Saya sangat mengkhawatirkan ibadah calon haji asal Sultra khususnya dari Konawe Utara ini tidak maksimal.
Pada Rabu (31/8) lalu, saya mendatangi sekaligus bersilaturahmi dengan jemaah calon haji Konawe Utara di pemondokan mereka yang berlokasi di Jarwal 805. Beberapa jemaah menyampaikan beberapa keluhan kepada saya.
Pertama, jemaah yang tergabung di Kloter 19 Embarkasi Makassar saat tiba pemondokan tidak mendapatkan jatah makanan, sehingga mereka berusaha membeli sendiri makanan. Apalagi kondisinya baru tiba, mereka kesulitan mendapatkan makanan dengan mudah. Mereka baru mendapatkan jatah makanan nanti pada tanggal 30 Agustus.
Kedua, saat melaksanakan umrah, tak ada petugas atau pembimbing yang menemani mereka sehingga banyak jemaah yang berhamburan. Bahkan ada diantara jemaah yang tidak sempurna umrahnya. Ada yang Sai-nya tidak dilakukan. Ini karena mereka tidak tahu. Mereka mau bertanya, tapi tidak ada petugas yang bisa ditanyai.
Ada anggota jemaah juga tersesat ketika mau pulang ke pemondokan. Mereka sampai berputar-putar keliling mencari pintu keluar Masjidil. Selain itu, kendaraan yang mengangkut mereka dari sekitar masjid hingga ke pemondokan tidak diketahui posisinya.
Ketiga, biaya transportasi dari pemondokan ke Masjidil Haram hanya ditanggung pemerintah selama lima hari. Selebihnya, ditanggung sendiri para jemaah.
Mengamati kondisi ini, saya meminta kepada institusi yang mengurusi haji, utamanya Kementerian Agama agar secepatnya mengambil langkah-langkah yang berkaitan persoalan para jemaah. Sehingga para jemaah bisa melaksanakan ibadah haji dengan nyaman dan lancar.
Secara umum kami laporkan bahwa hingga saat kondisi jemaah dari Konut, Alhamdulillah sehat wal afiat. (*)

To Top