Kemarau Panjang, BMKG Imbau Masyarakat Sultra Waspadai Kebakaran – Berita Kota Kendari
Beranda

Kemarau Panjang, BMKG Imbau Masyarakat Sultra Waspadai Kebakaran

KENDARI, BKK – Musim panas yang melanda wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini, dinilai rawan mengakibatkan terjadinya kebakaran, sehingga masyarakat perlu waspada.

Kepala Seksi Observasi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultra Aris Yunatas mengatakan, yang perlu dilakukan masyarakat saat ini yakni menghindarkan faktor-faktor yang bisa menyebabkan kebakaran. Utamanya di sekiat area hutan.

“Potensi terjadinya kebaran ini bisa saja terjadi di hutan. Untuk terjadinya kebaran hutan tersebut harus dilakukan antisipasi,” ungkap Aris Yunatas kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK), Minggu (4/9).

Kebakaran sering terjadi, disebabkan ulah manusia yang tidak sengaja melakukannya dan ada juga yang terjadi secara sendiri karena kondisi cuaca yang sangat panas. Untuk menghindari kebakaran karena ulah manusia tersebut, tentu antisipasi yang perlu dilakukan yakni tidak menyalakan api di sekitar area yang rawan terbakar.

“Dengan potensi terjadinya kebakaran yang cukup besar ini, memang memerlukan kewaspadaan untuk mengihindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Ia pun menyebutkan titik panas di wilayah Sultra saat ini yakni Kota Baubau, Kabupaten Kolaka, Konawe Selatan dan Konawe.

Kemarau panjang yang akan melanda wilayah Sultra ini, tambahnya, selain rawan terjadi kebakaran juga perlu diwaspadai petani terkait kemungkinan terjadinya gagal panen. Utamanya petani padi yang sawahnya akan sulit dialiri air.

“Kami harap agar masyarakat khususnya bagi masyarakat petani, untuk waspada dan mencegah terjadinya gagal panen,” imbuhnya. (m3/nur)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top