Awal Bangun Karakter Kaum Muda – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Awal Bangun Karakter Kaum Muda

BURANGA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) mengharapkan seluruh jajaran pramuka setempat utamanya anggota serta seluruh pengurus untuk merapatkan barisan dan sinergitas dalam mempercepat wujud kaum muda yang berkepribadian baik karakter, berwatak, berpikir jernih, dan prihatin dengan kondisi terkini, Sabtu (3/9).

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Butur La Ode Baharuddin saat memimpin apel akbar dalam rangka Hari Pramuka yang ke-55 tahun 2016. “Saat ini banyak ancaman bagi kaum muda, seperti makin maraknya minuman keras, tingginya referensi rokok pada usia muda, pengguna narkoba, terorisme, kejahatan seksual melibatkan kaum muda, rendahnya rasa hormat kepada guru dan orangtua serta berbagai dampak lainnya,” katanya.

Perilaku-perilaku tersebut, sambung Baharuddin, merupakan ancaman yang menjadi tanggung jawab semua komponen untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Salah satu langkah itu bisa melalui kegiatan Pramuka.

“Pentingnya pendidikan kepramukaan guna membentuk karakter kaum muda Indonesia khususnya Buton Utara dan tentu tidak mudah dan menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai orang tua dan pendidik dibawah pembinaan pemerintah sebagai pengelola negara,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, Baharuddin mengucapkan selamat Hari Pramuka kepada 1.346 peserta didik Pramuka dari 38 berbagai sekolah se-Butur. “Semoga dapat memotivasi semangat dan mempercepat gerakan kemandirian untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai pimpinan bangsa ke depan,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Kwarcab Butur Jafaruddin saat melepas 1.346 karnaval pramuka di lapangan sepakbola La Anda Kulisusu mangungkapkan, kegiatan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pramuka dengan dirangkaikan perkemahan yang dilaksanakan selama 3 hari.

Kegiatan tersebut diisi dengan kegiatan penanaman keagamaan, budaya kemandirian, pendidikan umum, dan pendidikan karakter. “Paling utama kegiatan Pramuka ini adalah untuk membangun karakter anak,” terangnya.

Jafaruddin berharap kepada orang tua lebih memercayakan anak-anaknya untuk dididik, karena Pramuka mendapat kepercayaan untuk mendampingi pendidikan formal untuk pendidikan karakter. “Kita harapkan dukungan orang tua, serta masyarakat sama-sama memberikan ruang yang besar bagi anak-anak untuk latihan pramuka,” jelasnya. (k5/c)

Click to comment
To Top