Anton Kantongi Rekomendasi Partai Golkar – Berita Kota Kendari
Suksesi

Anton Kantongi Rekomendasi Partai Golkar

LASUSUA, BKK – Polemik siapa bakal calon (calon) yang akan didukung Partai Golongan Karya (Golkar) pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tahun 2017 yang sempat memunculkan dua nama yakni Bobby Alimuddin Page SE dan Anton SH akhirnya terjawab. Rekomendasi dukungan partai berlambang beringin diberikan pada Anton.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Kolaka Utara, Kanna SH MH ketika dihubungi mengatakan, hasil konfirmasi dengan Dewan Perwakilan Pusat (DPP) dan Ketua DPD Sultra Ridwan Bae, rekomendasi Partai Golkar dengan nomor B-650/GOLKAR/IX/2016, tentang pemberitahuan penetapan calon Kepala Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Anton ditetapkan sebagai usungan Partai Golkar.

“Ia rekomendasi sudah keluar pada 3 september 2016 diberikan pada Saudara Anton. Rekomendasi ditandatangani Ketua Harian HAM Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal Idrus Marham,” kata Kanna, Minggu (4/9).

Menurut Kanna, dengan adanya rekomendasi dukungan Golkar, pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan pengurus Partai Golkar di tingkat bawah dan menggerakkan mesin partai untuk bekerja memenangkan calon yang direkomendasikan Golkar.

Kanna menegaskan, terkait dengan surat tugas Bobby Alimuddin, Partai Golkar tidak pernah mengeluarkan surat tugas. Namun saat pleno DPP memasangkan Bobby sebagai cabup dan Anton sebagai cawabup dan memerintahkan pada Bobby untuk mencari partai koalisi.

“Golkar tidak pernah mengeluarkan surat tugas. Yang ada itu Golkar meminta Golkar, namun sampai batas waktu dua minggu BAP tidak juga mendaptkan partai koalisi,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Kanna, Golkar juga memberikan waktu dua minggu untuk BAP untuk mencari lagi partai koalisi, namun sampai batas waktu yang diberikan BAP tidak mendapatkan partai koalisi, sehingga alternatifnya Golkar memberikan rekomendasi pada Anton yang terlebih dulu telah mengantongi rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Melihat tahapan yang terus berjalan dikhawatirkan Partai Golkar tidak mendapatkan partai koalai sehingga Anton mendaptkan rekomendasi Golkar,” ujar Kanna.

Kanna menambahkan, pihaknya akan mengawala rekomendasi yang telah dikeluarkan DPP sebagai satu keputusan tertinggi dan mutlak DPD Kabupaten harus mengawal amanat partai,” tutur Kanna.

Sebelumnya, kandidat pasangan H Nurrahman Umar dan H Abbas (An-Nur) merupakan salah satu bakal calon bupati (Balon) Kolaka Utara yang pertama mendapatkan rekomendasi dukungan yang mencukupi untuk maju sebagia balon bupati yakni rekomendasi Partai Keadilan Sejatera (PKS) dengan 1 kursi di DPRD, rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 kursi dan rekomendasi Partai Demokrat dengan 3 kursi. Sedangan Anton SH yang ditelah mendapatkan rekomendasi dua partai yakni rekomendasi PAN 3 kursi dan rekomendasi Golkar 3 kursi.

Sedangkan Partai Demokrasi Indonesi Perjuangan (PDIP) yang memiliki 6 kursi di DPRD, Partai Gerindra 3 kursi, PPP 2 kursi dan PBB 1 kursi ampai saat ini belum menelurkan rekomendasi siapa yang akan didukung. (k2/c)

Click to comment
To Top