Ketua KPU Beri Bimtek PPDDP Abeli – Berita Kota Kendari
Suksesi

Ketua KPU Beri Bimtek PPDDP Abeli

Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu memberikan materi pada Bimtek anggota PPDDP di Kecamatan Abeli, Jumat (2/9). (Foto: Alex/BKK)

Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu memberikan materi pada Bimtek anggota PPDDP di Kecamatan Abeli, Jumat (2/9). (Foto: Alex/BKK)

KENDARI, BKK – Tidak kurang dari 26 orang Petugas Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih (PPDDP) di Kecamatan Abeli mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) berlangsung di Aula Kecamatan Abeli, Jumat (2/9).

Acara Bimtek dibuka Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu SSos, sekaligus memberikan materi kepada peserta.

Hayani memberikan materi kepada peserta mengenai tugas dan tanggungjawab dari PPDDP serta bagaimana cara melakukan pencocokan dan penelitian daftar pemilih.

“Saya menekankan kepada petugas PDDP senantiasa melakukan tugasnya penuh tanggungjawab dan teliti dalam melakukan coklit sehingga hasilnya benar-benar akurat,” kata Hayani yang biasa disapa Teo.

Teo menjelaskan Bimtek PPDDP kali ini tidak lagi dilakukan serentak atau sekaligus tetapi dilakukan dalam bentuk focus group discussion (FGD) atau per kelas di setiap kecamatan.

Alasannya, kata Teo, agar hasilnya lebih makismal dan efektif. Sebab jika dilakukan serentak banyak peserta yang tidak fokus mengikuti materi.

“Kalau melalui FGD begini semua peserta aktif dan bisa langsung simulasi dalam melakukan coklit. Intinya peserta bisa langsung paham tata cara dalam melakukan pemutakhiran serta menyelesaikan persoalan yang muncul,” kata Teo.

Teo menyebutkan di Kecamatan Abeli ada 78 PPDDP dalam mengikuti Bimtek dibagi dalam tiga kelas.

Bimtek PPDP ini dilakukan secara simultan di seluruh kecamatan se Kota Kendari hingga pertengahan September ini.

Setelah itu anggota PPDDP turun lapangan untuk melaksanakan tugasnya dengan target setiap hari dapat menyelesaikan empat rumah.

“Saya pikir kalau empat rumah setiap hari tidak berat. Hasil coklit yang dilakukan akan dijaidkan bahan dalam penyusunan daftar pemilih sementara (DPS),” ujar Teo. (lex)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top