Tamkot Kendari Terkesan Tak Terawat Lagi, DKPP Ogah Tanggung Jawab – Berita Kota Kendari
Beranda

Tamkot Kendari Terkesan Tak Terawat Lagi, DKPP Ogah Tanggung Jawab

KENDARI, BKK – Taman kota (Tamkot) yang terletak di area perkantoran Wali Kota Kendari, saat ini terkesan tak terawat lagi. Utamanya kolam yang terletak di tengah-tengah taman sudah dipenuhi lumut dan sampah.

Untuk penanganan kebersihan tamkot itu sendiri menurut Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Kendari Tin Farida, telah disiapkan cleaning service khusus. Sehingga, itu bukan lagi menjadi tanggung jawab pihaknya.

“Untuk tamkot bukan bidang kami untuk membersihkannya, sebab sudah ada cleaning service sendiri. Kami masuk di tamkot kecuali ada pohon tumbang untuk membenahi dan membersihkannya dan mengganti tehelnya yang rusak,” ungkap Tin Farida, Kamis (1/9).

Persoalan tamkot saat ini pun diakui Farida bukan hanya persoalan kebersihan, namun juga soal keamanan. Hal itu juga terjadi di sejumlah taman yang ada di Kota Kendari.

“Jujur saja dari sisi keamanan taman yang ada di Kota Kendari masih belum optimal, karena terkadang ada taman yang baru kita tanam malamnya sudah hilang diambil orang,” terangnya.

Untuk anggaran pengelolaan taman di Kendari telah dianggarkan Rp 100 juta per tahun. Namun itu kata Farida, hanya untuk biaya pergantian taman yang rusak, pemupukan serta penyiraman.

Saat ini, tambahnya, total taman yang ada di Kota Kendari sebanyak 33 taman, dengan luas mencapai 11 hektar. Taman yang ada tersebut dikelompokan dalam dua kategori yang terdiri dari taman aktif seperti tamkot dan taman Kendari Beach (Kebi), serta taman pasif yang berada di sepanjang median jalan di Kota Kendari.

“Sebelumnya sistem perawatan taman kami lakukan setiap taman terdiri dari satu orang, tapi karena kurang efektif sehingga kami lakukan perubahan, dimana jumlah yang bertugas untuk merawat taman itu disesuaikan dengan luas taman yang dirawat,” terangnya. (m3/c/nur)

To Top