Rusman : Kami Siap Merangkul dan Membangun – Berita Kota Kendari
Headline

Rusman : Kami Siap Merangkul dan Membangun

WA ODE FITRI/BERITA KOTA KENDARI SANTAI DI SELA GLADI. Rusman Emba - Malik Ditu didampingi istrinya masing-masing, Yanti Setiawan - Wa Ode Sitti Armini, bercengkrama di sela-sela acara gladi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna, di aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Kamis (1/9) sore.

WA ODE FITRI/BERITA KOTA KENDARI
SANTAI DI SELA GLADI. Rusman Emba – Malik Ditu didampingi istrinya masing-masing, Yanti Setiawan – Wa Ode Sitti Armini, bercengkrama di sela-sela acara gladi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna, di aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Kamis (1/9) sore.

KENDARI, BKK- Setelah mengalami dinamika politik yang begitu panjang dan emosional, Pemilihan Kepala Daerah Muna akhirnya mencapai klimaksnya. Jumat (2/9) hari ini, Rusman Emba – Malik Ditu secara resmi menyandang jabatan Bupati dan Wakil Bupati Muna.

Rusman Emba yang ditemui di sela-sela gladi pelantikannya, di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Kamis (1/9) menyatakan rasa syukurnya atas kepastian jadwal pelantikan. Akhirnya, kata dia, masyarakat Muna tidak perlu lagi resah dengan isu bahwa pelantikannya dibatalkan.
“Masyarakat kita sudah lama menunggu kepastian pelantikan ini. Karena ada yang sebarkan isu bahwa pelantikan kami dibatalkan,” kata Rusman yang didampingi istrinya, Yanti Setiawan.
Rusman mengaku sudah mempersiapkan mental dan fisik untuk memimpin daerahnya. Yang paling pertama dilakukannya adalah merangkul kembali masyarakat yang sempat berselisih karena perbedaan pandangan politik.
“Kami akan merangkul dan mempersatukan kembali seluruh elemen masyarakat Muna. Kami akan jalan ke lorong-lorong sampai pelosok-pelosok. Kita adalah saudara dan saatnya bekerja membangun daerah kita,” katanya.
Bagi Rusman, sulit mewujudkan pembangunan dan menjalankan roda pemerintahan ketika masih ada kelompok yang masih larut dalam kubu-kubuan. Dia berharap ada kesadaran bahwa saat ini yang paling penting adalah mendukung pemerintahan menjalankan pembangunan.
Jika rekonsiliasi itu sudah terwujud, Rusman menjamin dia dan Malik Ditu akan bekerja keras. Dia sudah mempersiapkan program penataan tata ruang kota dan pembangunan infrastruktur publik serta sumber daya manusia.
“Tujuan dari semua program kami adalah untuk meningkatkan SDM yang baik dan meningkatkan potensi-potensi yang kita miliki untuk menggairahkan sektor ekonomi, ” tambahnya.
Rusman juga tidak menampik kemungkinan merombak kabinet di Pemkab Muna. Namun itu merupakan program paling terakhir. Itu pun, jika memang mendesak dilakukan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Sementara Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Provinsi Sultra, Laode Ali Akbar yang mengawasi jalannya gladi mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sudah melakukan persiapan pelantikan. “Untuk pelantikan ini, kami sudah menyebar 2000 undangan. 1000 undangan untuk di dalam ruangan, dan 1000 undangan di bagian luar. Untuk bagian luar kita siapkan tenda,” katanya.
Jalannya pelantikan ini juga akan dijaga oleh aparat keamanan. Pelantikan ini sendiri dijadwalkan dimulai pukul 09.30.
Ali Akbar belum bisa memastikan apakah pasangan ini akan dilantik oleh Gubernur Sultra, Dr Nur Alam atau wakilnya, Saleh Lasata. “Yang jelas kami usahakan agar Gubernur (yang melakukan pelantikan). Tetapi jika Gubernur berada di luar daerah atau berhalangan, maka yang melantik adalah wakil gubernur, ” paparnya.
Kepala Sub Bagian Otonomi Daerah Pemprov Sultra, Tomi Indra Sukiadi mengatakan pelantikan Rusman – Malik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna didasari oleh SK Mendagri dengan nomor 131.74-6506 dan 132.74-6507.
Pelantikan tersebut juga sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan Yanti Setiawan sebagai Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muna oleh Ketua TP PKK Sultra, Tina Nur Alam.
Acara gladi yang dilangsungkan sore kemarin juga diikuti oleh Malik Ditu yang didampingi istrinya, Wa Ode Sitti Armini. (p7/a/aha)

To Top