Partisipasi Politik Masyarakat Mesti Diperkuat – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Partisipasi Politik Masyarakat Mesti Diperkuat

BURANGA, BKK- Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Potensi Masyarakat Indonesia (LEPMI) setempat terus berupaya meningkatkan penguatan peran dan partisipasi politik masyarakat. Hal itu dilakukan dalam rangka menuju Butur yang maju, aman, berbudaya dan religius, sesuai dengan visi misi pemerintahan saat ini.

Suasana seminar sehari tentang partisipasi politik masyarakat dalam mendukung pembangunan. (Foto: Darso/BKK)

Suasana seminar sehari tentang partisipasi politik masyarakat dalam mendukung pembangunan. (Foto: Darso/BKK)

Berkaitan dengan hal itu, Rabu (31/8) LEPMI menyelenggarakan seminar sehari di Balai Desa Ulunambo Kecamatan Kulisusu Utara. Bupati Butur Abu Hasan yang diwakili staf Ahli H.Tasir dalam sambutannya mengatakan, peran dan partisipasi politik masyarakat dalam pembangunan merupakan sesuatu yang diperlukan sebagai penunjang pembangunan. Semakin tinggi partisipasi masyarakat,maka semakin berhasil pencapaian tujuan pembangunan yang ingin di capai.

“Pemerintah Daerah Butur selalu turut memberikan pendidikan politik bagi masyarakat sebagai wujud mendukung program-program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah ke depan,” katanya.

Tasir yang juga menjabat Plt Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Butur ini mengungkapkan, dalam program pemerintah sebagai bagian pembangunan yang sangat berpengaruh oleh unsur-unsur masyarakat, yang pada hakikatnya bahwa dilaksanakan masyarakat untuk masyarakat.

Dalam model-model kegiatan yang dimaksud, bukan hanya partisipasi pemerintah itu sendiri, namun juga lembaga sosial dapat berperan besar menumbuhkan partisipasi politik. Hal itu bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan mampu memberikan dorongan berpartisipasi dalam politik. “Partisipasi politik tidak semata-mata sebagai pelengkap saja, tapi harus berperan aktif dalam pembangunan politik yang menyangkut kesinambungan daerah dan bangsa,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut selain dari Kesbangpol pemateri juga ada yang berasal dari DPRD Butur La Sauli, dan diikuti puluhan masyarakat dari Kulut. (k5/c)

-a

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top