Mantan Kepala SMK Lasalimu Selatan Divonis Lima Tahun Penjara – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Mantan Kepala SMK Lasalimu Selatan Divonis Lima Tahun Penjara

KENDARI, BKK – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Kendari akhirnya menjatuhkan vonis kepada terdakwa korupsi proyek Unit Sekolah Baru (USB) 2013, SMK Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Muhammad Darmin.

Mantan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Lasalimu Selatan, Buton ini dihukum lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. Jika tidak bisa membayar denda, masa penahanan Darmin ditambah lagi selama enam bulan.
Tak hanya itu, Darmin juga dibebankan untuk mengganti kerugian negara sebesar Rp 400 juta. Jika tak bisa diganti juga, masa penahanannya ditambah lagi satu tahun penjara.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Pasarwajo. Pada sidang sebelumnya, Basri SH yang menjadi JPU menuntut Darmin dengan hukuman selama tujuh tahun, penjara denda Rp 50 juta subsider enam bulan serta membebankan kepada Darmin mengganti uang kerugian negara senilai Rp 400 juta, subsider 3,6 tahun penjara.
Mendengar putusan majelis hakim yang dipimpin Mustari SH itu,
Darmin yang didampingi penasihat hukumnya, Suiqi SH masih berpikir-pikir untuk menerimanya atau melakukan banding.     Usai sidang saat ditemui, Darmin menganggap putusan majelis hakim yang menghukum dirinya dengan lima tahun penjara itu, tidak setara dengan apa yang dilakukannya. “Hukuman ini sangat berat, tetapi saya harus ikhlas menjalaninya kalau memang keputusannya seperti itu,” keluh Darmin.
Saat dikonfirmasi apakah dirinya akan melakukan banding dengan putusan majelis hakim, Darmin hanya diam dan menyerahkan sepenuhnya kepada penasihat hukumnya.
“Saya serahkan sama penasihat hukum,” tutupnya. (p5/b/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top