Lima Langkah Pemkot Baubau Antisipasi Silpa – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Lima Langkah Pemkot Baubau Antisipasi Silpa

BAUBAU, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau pada tahun-tahun mendatang akan berusaha mengantisipasi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa). Pemkot Baubau punya lima langkah mengantisipasi hal itu tersebut, setelah pada tahun 2015 Silpa Kota Baubau diketahui sebesar Rp 178 miliar lebih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Muh Djudul dalam rapat bersama Anggota DPRD Baubau, Kamis (1/9) mengatakan, Pemkot mempunya lima langkah yakni, melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kemudian melakukan percepatan penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), agar awal tahun anggaran, program dan kegiatan sudah dapat dilaksanakan. Langkah ketiga yakni, mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai pengguna anggaran untuk melakukan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan.

Selanjutnya, melakukan evaluasi secara berkala pelaksanan APBD, sehingga semua elemen pemerintah dapat dipastikan bekerja sesuai dengan yang direncanakan. “Kelima, menyusun program dan kegiatan yang terukur dengan indikator kinerja, sehingga program dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat,” papar Sekda.

Untuk diketahui, SILPA Kota Baubau tahun 2015 sebesar Rp 178 miliar lebih. SILPA itu dianataranya berasal dari realisasi anggaran belanja pegawai pada belanja tidak langsung hanya sebesar 79 persen atau hanya sebesar Rp 91 miliar lebih. Kemudian dari belanja modal yang realisasinya hanya sebesar 78 persen. (k2/c)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top