Haris : Aksi Penolakan kepada Saya Ada yang Seting – Berita Kota Kendari
Suksesi

Haris : Aksi Penolakan kepada Saya Ada yang Seting

Haris Andi Surahman Memperlihatkan Surat Rekomendasi DPP Golkar (RAHMAT RULLAH/BKK)

Haris Andi Surahman Memperlihatkan Surat Rekomendasi DPP Golkar (RAHMAT RULLAH/BKK)

KENDARI, BKK- Calon Wakil Wali Kota Kendari dari koalisi Partai NasDem dan Partai Golkar, Haris Andi Surahman mengaku tidak ambil pusing dengan aksi penolakan terhadap dirinya yang disuarakan sejumlah pengurus kecamatan Partai Golkar di Kendari. Menurutnya, keputusan DPP Partai Golkar yang memaketkan dirinya dengan Abdul Rasak sudah final.
“Ini SK resmi dari DPP. Sudah ditetapkan,” kata Haris di Hotel SwissBel Kendari, sembari menunjukkan surat berkop DPP Partai Golkar tentang Pemberitahuan Penetapan Pasangan Calon Kepala Daerah bernomor B-530/GOLKAR/VIII/2016.
Surat penetapan yang ditunjukkan Haris itu sama dengan yang beredar secara viral di media sosial. Dalam surat yang ditandatangani Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid dan Sekjen Idrus Marham itu menetapkan Abdul Rasak – Haris Andi Surahman sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari.
Dalam surat yang ditujukan kepada DPD Partai Golkar Sultra itu, DPP juga menginstruksikan agar dilakukan konsolidasi dengan partai lain yang dijadikan mitra koalisi. Instruksi lainnya adalah menindaklanjuti surat penetapan tersebut sesuai aturan organisasi dan perundang-undangan yang berlaku.
Kembali ke persoalan penolakan. Haris menduga aksi tersebut ada yang otaki. “(Aksi penolakan) ini hanyalah setingan dari orang-orang tertentu yang tidak senang dengan saya. Tetapi hal itu bukanlah masalah besar, sebab hal seperti ini merupakan dinamika dalam politik,” terangnya.
Ditanya apakah dia tahu siapa yang berada di balik penolakan terhadap pencalonannya, Haris menegaskan tidak mau memikirkannya. Saat ini, dia hanya fokus untuk kerja pemenangan. “Pokoknya penolakan itu tidak ada pengaruhnya bagi saya,” katanya.
Berbeda dengan pernyataan Haris bahwa DPP Partai Golkar sudah menetapkan dukungannya, Ketua DPD Golkar Sultra, Ridwan BAE justru mengatakan belum ditetapkan. Saat dimintai tanggapannya mengenai aksi penolakan kader Golkar terhadap Haris Andi Surahman, Ridwan menegaskan DPP Partai Golkar belum mengeluarkan keputusan finalnya.
Ridwan malah mengatakan, saat ini yang dikantongi sifatnya masih rekomendasi partai. Bukan hanya calon di Kendari, tetapi juga daerah lainnya yang akan melangsungkan Pilkada di Sulawesi Tenggara.

“Sampai sejauh ini, dukungan partai Golkar belum ada yang final. Semua masih sebatas rekomendasi,” terangnya.
Dia melanjutkan, penetapan dukungan DPP Partai Golkar masih sementara berproses. Dijelaskannya, keputusan Golkar harus melalui dua fase, yakni fase rekomendasi dan fase penetapan.
“Semua calon masih memegang rekomendasi. Kita pun masih menunggu SK-nya keluar. Tetapi yang jelas, Golkar sejauh ini tetap mendukung Rasak dan Haris Andi Surahman untuk maju pilwali 2017 nanti,” jelasnya. (m2-p7/b/aha)

To Top