Dinkes Bombana Usul Rekrut 50 Bidan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Dinkes Bombana Usul Rekrut 50 Bidan

RUMBIA, BKK – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana kembali mengusulkan penambahan tenaga bidan dari pemerintah pusat. Keberadaan bidan sangat dibutuhkan di setiap daerah, termasuk Kabupaten Bombana yang dinilai masih kurang karena belum memenuhi satu desa satu bidan.

“Untuk memenuhi kebutuhan bidan desa, kita masih mengusulkan tenaga bidan antara 30 sampai 50 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan dan KB Bombana, dr H Sunandar MMKes.

Saat ini, Pemkab Bombana baru memiliki 60 bidan yang sudah berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka tidak hanya ditempatkan di desa-desa, namun juga disiagakan di rumah sakit dan beberapa puskesmas.

Kendati demikian, Pemkab Bombana juga memiliki bidan pegawai tidak tetap (PTT) yang diangkat oleh Kementerian Kesehatan yang jumlahnya mencapai 104 orang.

Menurut Sunandar, jumlah bidan PTT tersebut kini tengah diupayakan peningkatan statusnya dari PTT menjadi PNS. Mereka juga diketahui telah mengikuti rangkaian ujian CPNS yang diselenggarakan langsung Kementerian Kesehatan.

“Sudah beberapa waktu lalu proses seleksinya. Ini semua dilaksanakan Kemenkes. Sementara Pemda hanya menyiapkan fasilitas,” sambungnya.

Mantan Direktur RSUD Bombana ini berharap, semua bidan PTT yang ingin memperbaiki nasib menjadi PNS itu, bisa diluluskan semuanya oleh Kementerian Kesehatan. Sebab, tenaga mereka sangat dibutuhkan di Bombana. (cr2/d)

 

Click to comment
To Top