11.500 Rumah di Butur belum Punya IMB – Berita Kota Kendari
Aktualita

11.500 Rumah di Butur belum Punya IMB

BURANGA, BKK- Ternyata perumahan yang berdiri di Kabupaten Buton Utara (Butur) masih banyak yang belum mengatongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) setempat, dari 12 ribu unit rumah yang tersebar di seluruh wilayah Butur, baru sekira 500 unit yang mempunyai IMB.
Berkait hal itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya IMB, BPMPTSP Butur harus menyisir kecamatan-kecamatan melakukan menyosialisasi  pengurusan izin tersebut. “Kami mulai lakukan sosialisasi di masyarakat akan pentingnya IMB ini,” ungkap Kepala Badan BPMPTSP Butur, Muhamad Jaswin saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (1/9).
Dijelaskannya, manfaat IMB itu dari segi kepentingan pemerintah ialah mempermudah dalam menata ruang, sedangkan masyarakat mendapatkan kepastian izin bahwa kawasan atau daerah yang dimiliki itu resmi dari pemerintah. “Prinsip perizinan itu adalah memberikan izin sesuai aturan, tidak boleh melakukan usaha atau mendirikan bangunan tanpa izin,” tegasnya.
Diakuinya, hingga saat ini pihaknya belum menerapkan sanksi bagi masyarakat yang mendirikan bangunan tanpa IMB. Hanya saja teguran sudah diberikan.
“Masih sifatnya peneguran dan tahapan sosialisasi kepada masyarakat. Ada semacam peringatan-peringatan, ada standar prosedur yang kita lakukan kalau  nantinya tetap melanggar,” katanya.
Oleh karena itu, Jaswin mengharapkan kepada masyarakat dapat memahami kewajiban untuk melengkapi perizinan bangunan agar penataan perumahan bisa dikontrol dan ini menjadi sumber pendapatan asli daerah.     “Izin mendirikan bangunan itu wajib dan bermanfaat bagi masyarakat untuk mengurus berbagai permasalahan baik pembongkaran maupun kebutuhan peminjaman modal dan sebagainya,” harap dia. (k5/b/aha)

Click to comment
To Top