Pilkades Serentak di Konawe Harus Aman – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pilkades Serentak di Konawe Harus Aman

IRMAN/BKK Kapolda Sultra, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso (kedua dari kanan) bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melakukan pertemuan membahas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Konawe, bulan ini.

IRMAN/BKK
Kapolda Sultra, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso (kedua dari kanan) bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melakukan pertemuan membahas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Konawe, bulan ini.

UNAAHA, BKK – Kepala Polisi Daearah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Agung Sabar Santoso SH MH mengimbau masyarakat di Kabupaten Konawe untuk tetap bersama-sama menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) di lingkungannya masing-masing. Apalagi menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak September ini.

Pilkades serentak di Konawe yang bakal digelar 20 September 2016 mendatang juga menjadi agenda pengamanan Polri. Sehingga pihaknya telah menginstruksikan Polres Konawe sebagai penanggung jawab wilayah hukum daerah tersebut untuk terlibat mengawal dan memantau proses pemilihannya. Supaya dalam proses pelaksanannya nanti minimal dapat meminimalisasi ancaman dan gangguan Kantibmas. Baik dari dalam maupun dari luar daerah tersebut.

Meski demikian, pihaknya tetap percaya bahwa ancaman gangguan Kantibmas itu tidak akan terjadi. Seiring semakin cerdasnya masyarakat dalam berdemokrasi. Apalagi, di mata Polri daerah ini secara umum masih tergolong daerah yang aman.

“Ini merupakan bentuk dukungan kita terhadap kegiatan masyarakat dalam membangun kepercayaan. Hidup aman itu hak masyarakat. Sehingga support kita dalam menyukseskan agenda ini. Polsek dan Babinsa akan berperan penting dan aktif melakukan pendekatan serta sosialisasi kepada masyarakat setempat yang menyelenggarakan Pilkdes ini,” tutur Kapolda saat melakukan kunjungan kerja di Polres Konawe, Rabu (31/8).

Selain Pilkades, kata dia, beberapa instruksi khusus terhadap Polres yakni tetap melakukan pemantaun Kantibmas di wilayah-wilayah rawan kriminal, seperti Kecamatan Morosi, tempat pembangunan smelter. Juga terhadap kerjasama Brimob dan Sabara di tempat tersebut.

Pasalnya di daerah tersebut beberapa waktu lalu sempat terjadi bentrok dua kelompok warga serta di Konawe Utara (Konut). Daerah perbatasan Sulawesi Tengah (Sulteng), tempat pergolakan kelompok radikal Santoso. Sekaligus melakukan pembinaan kepada anggota di jajaran dan pasukan. Peningkatan kinerja Polri dan bagaimana menjalankan tugas-tugas lapangan dengan tindakan prepentif serta pendeteksian dini.

“Ada instruksi dari Pak Kapolri. Sehingga kami melakukan kunjungan kerja. Sekaligus melakukan evaluasi kinerja anggota di wilayah hukum Polres Konawe,” katanya. (cr4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top