Jelang Lebaran Idul Adha, Harga Masih Stabil – Berita Kota Kendari
Aktualita

Jelang Lebaran Idul Adha, Harga Masih Stabil

nirwan/bkk Ida Riyanti

nirwan/bkk
Ida Riyanti

KENDARI, BKK – Kurang dua pekan menjelang Idul Adha 1437 H, harga di pasar-pasar Kota Kendari masih relatif stabil, kendati memang ada yang mengalami kenaikan dan penurunan harga.
Naik dan turunnya harga saat ini bukan karena faktor psikologis jelang lebaran, tetapi lebih disebabkan kondisi pasar. Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koprasi (Disperindagkop) Kota Kendari Ida Riyanti mengatakan, pantauan terakhir pihaknya menunjukkan harga sayur-mayur seperti wortel mengalami penurunan harga dari Rp 15 ribu menjadi Rp 14 ribu per kilogram.
“Untuk harga daging, masih tetap stabil di harga 110 (Rp 110.000 per kg),” kata perempuan berjilbab ini.
Kemudian, untuk komoditi lain seperti bawang merah, harganya mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari Rp 35.000 menjadi Rp 45.000 per kg. Kondisi tersebut sudah terjadi dalam sejak dua bulan lalu.
“Harga bawang merah mengalami kenaikan disebabkan karena suplai yang kurang. Apalagi penyuplai komoditi bawang merah di Kota Kendari berasal dari Sulsel. Sementara di Sulsel juga belum melakukan panen yang disebabkan kemarau panjang,” paparnya.
Biasanya, terang Ida, kenaikan harga saat Lebaran Idul Adha terjadi pada H-2. Akan tetapi lonjakan harganya tidak setinggi seperti Lebaran Idul Fitri yang lalu.
Sementara itu, salah seorang pedagang di Pasar Panjang, Hj Sarita mengatakan sejauh ini harga sembako di pasaran masih aman. Harga beras dengan ukuran 10 kilo gram masih tetap Rp 110.000.
“Sebenarnya yang menyebabkan harga naik adalah stoknya. Jika stok atau suplai kurang maka otomatis kami juga akan menjual dengan harga yang tinggi,” tambahnya.
Kata dia, untuk harga minyak goreng jenis sinai ukuran 1,5 kilo gram masih tetap, yakni Rp 30 ribu. (m3/b/aha)

Click to comment
To Top