Ratusan Warga Desa Labunti Demo di DPRD Muna – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Ratusan Warga Desa Labunti Demo di DPRD Muna

Warga Desa Labunti menggelar aksi untuk rasa di kantor DPRD Muna, Selasa (30/8).

Warga Desa Labunti menggelar aksi untuk rasa di kantor DPRD Muna, Selasa (30/8).

RAHA, BKK – Ratusan warga Desa Labunti, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, tiba-tiba menggelar aksi demo di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna, Selasa (30/8). Ratusan masa yang dipimpin Lisadewa ST dan Ardin, melaporkan Kepala Desa Labunti Salimin ke DPRD Muna. Dalam laporannya warga meminta agar DPRD Muna melakukan rapat dengar pendapat (hearing) dengan Kades Labunti, BPMD, Inspektorat, dan Bagian Kesra  Kabupaten Muna.
Dalam orasinya jenderal lapangan Lisandewa mengatakan, Kades Labunti Salimin diduga telah memark up sejumlah proyek di antaranya pembangunan lapangan sepak bola, memanipulasi usulan masyarakat desa dalam pembangunan sarana olah raga di Desa Labunti tahun 2015 dan tahun 2016. Sekitar  satu jam berorasi, akhirnya massa diterima Ketua DPRD Muna Mukmin Naini, Wakil Ketua 1 La Ode Diyrun, Ketua Komisi 1 La Ode Iskandar, dan Sekretaris Komisi 1, Awal Jaya.
“Kami minta dewan segera menghearing Kades Labunti. Kades terindikasi telah melakukan mark up anggaran pembangunan lapangan sepak bola dengan anggaran Rp 228 juta. Diduga Kades Labunti ini telah melakukan persekongkolan dengan ketua BPD Desa Labunti dalam mengelola dana desa,” kata Lisadewa dan Ardin di hadapan DPRD Muna kemarin.
Hal senada juga dikatakan Hariyanto. Dia mengungkap, sejak Oktober 2015, mereka sudah melapor ulah Kades Labunti ke polisi dan Inspektorat. Tapi tidak pernah direspons. “Makanya kami datang ke DPRD Muna. Kami minta agar DPRD Muna turun ke lapangan mengecek proyek desa yang dibangun Kades,” tambah Hariyanto.
Menanggapi aspirasi warga Labunti ini, Sekreatris Komisi 1 Awal Jaya berjanji akan menggelar hearing Selasa, pekan depan. “Kalau minggu ini agenda kami padat, ada pembahasan anggaran, LKPj Bupati Muna dan ada pelantikan Bupati Muna di Kendari. Mudah-mudahan awal pekan depan baru kami sikapi aspirasi bapak bapak semua,” kata politikus Partai Demokrat Kabupaten Muna ini di hadapan warga Labunti.
Hal senada juga dikatakak Ketua DPRD Muna Mukmin Naini dan La Ode Diyrun. “Dalam waktu dekat kami akan menggelar hearing terhadap Kades Labunti, Inspektorat dan Kesra Kabupaten Muna, agar masalah ini jelas,” kata Mukmin.
Sementara Ketua Komisi 1 La Ode Iskandar berjanji akan mengawal kasus ini. Politikus PDIP Kabupaten Muna ini menegaskan, dewan akan menggelar hearing kasus ini Selasa pekan depan. Usai mendengar janji-janji dari para anggota dewan, massa  membubarkan diri. Aksi demo ini dijaga ketat puluhan aparat Polres Muna. (cr1/c)

Click to comment
To Top