Lingkar Sultra

Personel Polres Baubau Jalani Tes Urine

Wakapolres Baubau, Kompol Suparno Agus Candra Kusumah SIK menyerahkan sampel urine kepada petugas BNP Sultra. (Foto: Adnan/BKK)

Wakapolres Baubau, Kompol Suparno Agus Candra Kusumah SIK menyerahkan sampel urine kepada petugas BNP Sultra. (Foto: Adnan/BKK)

BAUBAU, BKK – Badan Narkotika Provinsi (BNP) Sultra melakukan tes urine kepada 50 personel Kepolisian Resor (Polres) Baubau, Selasa (30/8). Kegiatan itu dilakukan di Gedung Kemitraan Mako Polres Baubau khusus personel lapangan dari Satuan Intelijen dan Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim).
Sekitar pukul 09.00 Wita, 50 personel yang sedang rapat tiba-tiba dikejutkan dengan kehadiran Kepala BNP Sultra, Komisaris Besar (Kombes) Fauzan Jamal dan tiga orang lainnya. Ia dibawa langsung Kapolres Baubau, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suryo Aji SIK. Ke-50 personel itu langsung menjalani tes urine, termasuk salah satunya Wakil Kapolres Baubau, Komisaris Polisi (Kompol) Suparno Agus Candra Kusumah SIK.
Dari hasil tes itu, urine salah satu personel Polres Baubau dinyatakan positif mengandung benzo. Kombes Fauzan Jamal mengatakan, pihaknya masih harus mendalami terlebih dahulu apakah personel tersebut minum obat-obatan dengan resep dokter atau beli obat di warung. “Tapi itu tidak termasuk kategori narkotika,” katanya.
Dia juga menyebut, tes urine itu untuk melakukan deteksi dini kepada jajaran kepolisian dengan tujuan pembinaan. Apalagi, katanya, sebagai anggota Polri setiap geraknya selalu dipantau masyarakat. Sehingga anggota Polri haruslah menjadi teladan dan contoh yang baik bagi masyarakat.
Kapolres Baubau, AKBP Suryo Aji SIK mengatakan, dilakukannya tes urine kepada para personel untuk pencegahan internal sebelum pihaknya melakukan penindakan di luar. Untuk kali ini baru dites hanya petugas lapangan dari Sat Intel dan Sat Reskrim, namun ke depan tak menutup kemungkinan personel lain juga akan dites urine dan itu harus mendadak. “Jadi kami duluan (yang harus bersih), baru kita cek di luar,” tutur Suryo Aji.
Dia juga mewarning para personelnya untuk jangan sekali-sekali terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Dia tak segan-segan menindak tegas anak buahnya yang kedapatan terindikasi menggunakan barang haram itu. “Kalau ada temuan, sudah ada aturan, kalau terbukti yang kita proses secara hukum,” tegas Suryo Aji. (k2/c)