Beranda

ORI Siap Tangani Aduan Masyarakat Secara Cepat

Pelatikah SP4M ORI di Swiss Bellhotel Kendari, Selasa (30/8). (RAJAB/BKK)

Pelatikah SP4M ORI di Swiss Bellhotel Kendari, Selasa (30/8). (RAJAB/BKK)

KENDARI, BKK – Aduan masyarakat terkait pelayanan publik yang dilaporkan ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI), berupaya ditangani dengan cepat, transparan dan akuntabel, demi memberikan pelayanan maksimal.

Namun demikian, tugas dan mekanisme penanganan laporan yang dilakukan ORI belum begitu dipahami banyak pihak. Makanya, hal itu kembali dijelaskan dalam pelatihan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di Swiss Bellhotel Kendari, Selasa (30/8), dengan menghadirkan sejumlah pihak terkait.

Dalam kegiatan tersebut Kepala ORI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) Aksah menjelaskan, masyarakat yang akan menyampaikan aduan, dilakukan dengan melapor langsung ataupun melalui surat yang ditujukan ke kantor Ombudsman setempat.

“Tidak lanjut yang kami lakukan dalam menangani laporan, yakni pertama meminta kepada pihak pelapor untuk melengkapi data formilnya. Standar layanan dilakukan 14 hari sejak pelaporan diterima,” jelas Aksah.

Mengenai kewenangan ombudsman, lanjut Aksah, cakupannya sangat luas. Namun, secara garis besar ada tiga yaitu pelayanan administratif, pelayanan jasa public dan pelayanan barang publik.

“Yang terkait dengan jasa publik mencakupi pendidikan, kesehatan rumah sakit sedang yang berkaitan dengan barang public, biasanya pengadaan jasa pemerintah,” terangnya.

Sementara jangka waktu penanganan laporan ORI berupaya menyelesaikan secepatnya. Akan tetapi, itu juga tergantung sikap kooperatif dari pihak terlapor.

“Kalau mereka (terlapor) kooperatif pasti cepat ada jawaban tapi kalau mereka juga ngeyel kadang kadang lama proses penyelesaiannya,” pungkasnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Saleh Lasata yang juga hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pelatihan yang diadakan ORI ini sangat penting dan strategis sekaligus membangun kesadaran tentang pentingnya SP4N. Dengan demikian, pengaduan masyarakat dapat ditangani secara cepat transparan dan akuntabel. (p8/c/nur)

To Top