Anggaran Perawatan Taman Kota Kendari Rp 100 Juta – Berita Kota Kendari
Beranda

Anggaran Perawatan Taman Kota Kendari Rp 100 Juta

KENDARI, BKK – Anggaran yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kendari dalam hal perawatan taman sebesar kurang lebih Rp 100 juta pertahun, dari total taman yang ada di Kota Kendari sebanyak 33 taman dengan luas mencapai 11 hektare.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kendari, Tin Farida, mengatakan memang anggaran operasional perawatana taman itu ada sebesar Rp 100 juta, anggaran sebesar Rp 100 juta ini digunakan untuk penggantian tanaman dan pemupukan.

“Sebab jujur saja untuk di Kota Kendari masih sering orang yang mencuri tanaman,” ungkap Tin Farida kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK) saat ditemui diruang kerjanya Selasa (30/8).

Kata dia, taman yang ada di Kota Kendari dikelompokan dalam dua kategori, yang terdiri dari taman aktif misalnya Taman Kota (Tamkot) dan taman Kendari Beac (Kebi), taman pasif sepanjang median jalan di Kota Kendari.

“Untuk Tamkot bukan bidang kami untuk membersihkannya, sebab di Tamkot sudah ada cleaning service sendiri. Kami masuk di Tamkot kecuali ada pohon tumbang untuk membenahi dan membersihkannya, dan mengganti tehelnya” paparnya.

Dikatakan, mekanisme perawatan taman selama ini dilakukan secara rutin, baik dari segi kebersihan, penyiraman, maupun pemangkasan taman. Itupun, lanjut dia, dilakukan secara berotasi setiap harinya.

“Sebelumnya sistem perawatan taman kami lakukan setiap taman teridiri dari satu orang, tapi karena kurang efektif sehingga kami lakukan perubahan. Dimana jumlah yang bertugas untuk merawat taman itu disesuaikan dengan luas taman yang dirawat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Kota Kendari Erlis Sadya Kencana menambahkan taman yang ada di Kota Kendari sebanyak 33 taman, dengan luas 11 hektare.

“Jumlah anggota sebanyak 97 orang yang disebar dibeberapa taman yang ada di Kota Kendari,” katanya. (m3)

Click to comment
To Top