Polisi Siap Tindak Tegas Pelaku Balap Liar – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Polisi Siap Tindak Tegas Pelaku Balap Liar

Iptu Yonathan

Iptu Yonathan

LASUSUA, BBK – Menanggapi keluhan warga Ibu Kota Lasusua tentang maraknya aksi balap liar di kawasan Masjid Agung Bay Pass Lasusua, Kolaka Utara, pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kolaka Utara (Kolut) akan melakukan penindakan tegas pada pelaku balap liar yang kebanyakan anak di bawah umur.

Selain akan menindak tegas para pelaku balap liar yang membahayakan pengendara lain, pihak Satlantas akan melakukan patroli rutin sebagai upaya untuk mencegah adanya aktivitas balap liar.

Kasat Lantas Polres Kolut, Iptu Yonathan mengatakan, pihaknya akan lebih memperketat patroli terutama di kawasan yang di mungkinkan akan ada aktifitas balap liar. “Selama ini, kami selalu mengelar operasi gabungan bersama Satsabara untuk menekan aktivitas balap liar yang kebanyakan dilakukan oleh remaja yang masih berusia di bawah 17 tahun,” kata mantan Kapolsek Kodeoha, Senin (29/8).

Menurut dia, angka kecelakaan dalam beberapa bulan terakhir terus meningkat sehingga pihaknya akan terus berupaya melakukan patroli, sweeping dan sosialisasi terutama di sekolah-sekolah. Dia menambahkan, bagi pengendara yang terjaring saat melakukan balap liar akan ditindak tegas dengan tilang, kemudian dilakukan penyitaan kalau kendaraan itu ternyata tidak lengkap.

“Kami akan tetap tindaki, contohnya motor yang menggunakan knalpot racing yang menimbulkan suara bising,” ujarnya.

Selain itu, kata Yonathan, pihaknya akan terus berupaya untuk mewujudkan masayarakat tertib lalu lintas yang dimulai dari diri sendiri. “Tiap hari ada saja orang yang kehilangan nyawa dari kecelakaan. Kami akan terus berupaya agar tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesadaran berlalu lintas yang baik dan benar. Terutama melengkapi surat-surat kendaraanya dan aksesori kendaraan,” imbuhnya.

Yonathan juga memberikan apresiasi pada Pemerintah Daerah (Pemda) yang banyak memberikan akses bagi remaja pencinta balapan. Tahun ini bahkan membangunkan sirkuit balap motor di area perkantoran.

“Kita juga mengharapkan agar remaja pencinta balapan agar bersabar sampai sirkuit balap yang dibangun Pemda Kolut selesai,” harap Yonathan. (k2/c)

To Top