Perputaran Uang di Pasar Baruga Bisa Capai Rp 3 Miliar per Hari – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Perputaran Uang di Pasar Baruga Bisa Capai Rp 3 Miliar per Hari

KENDARI, BKK –
Pasar Baruga boleh dikata sebagai pilar ekonomi kerakyatan yang masih perkasa. Setiap harinya, perputaran uang di pasar yang terletak di perbatasan Kendari – Konawe Selatan ini bisa mencapai Rp 3 miliar per hari.

Direktur Perusahaan Daerah Pasar Kota Kendari, Niko Samara mengatakan perputaran uang itu didominasi oleh transaksi sayur mayur serta sembako. Pasalnya, Pasar Baruga menjadi pusat bongkar-muat sayur-sayuran, sembako dan rempah-rempah, baik untuk wilayah Sultra maupun Sulsel.
“Semua daerah kan turunkan barangnya di sini. Lalu diangkut lagi daerah lain untuk dijual di daerahnya,” kata Niko.
Niko mencontohkan, setiap harinya lebih 50 mobil pikup yang memuat sayuran datang dari Konawe. Muatan sayuran setiap pikup rata-rata bernilai Rp 6 juta.
Selanjutnya, truk-truk dari Enrekang datang untuk mengangkut sayur-mayur tersebut. Jumlah truk yang datang tiap harinya bisa mencapai 10 unit. Satu unitnya mengangkut sayuran dengan nilai transaksi antara Rp 35 juta hingga Rp 40 juta.
“Belum lagi untuk motor pagandeng-gandeng yang berjumlah kurang lebih 800-1000 unit. Per harinya pagandeng-gandeng saja datang membeli sayur dengan modal rata-rata satu juta rupiah,” jelasnya.
Pasar Baruga memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki pasar tradisional lainnya di Kota Kendari. Sebab di pasar ini sudah tertata dengan baik lahan bongkar muat yang luas.
Meski demikian, Niko mengakui ada hari-hari di mana transaksi bisa saja menurun. “Perputaran uang yang kecil biasanya terjadi pada Senin dan Jumat malam,” ungkap Niko Samara.
Sementara itu, salah satu pagandeng atau penjual sayur keliling, Margono mengakui modal yang dikeluarkannya per harinya kurang lebih Rp 1 juta. “Biasanya saya datang belanja sayur di pasar Baruga di waktu fajar. Saya belanja di sini karena stoknya masih segar. Kemudian saya menjualnya kembali di kota,” kata Margono yang memanggul jualan dengan motornya itu.
Margono mengakui, jumlah pagandeng atau pedagang kecil sangat banyak. Dia memperkirakan jumlahnya bisa mencapai 1000 unit. (m3/b/aha)

Click to comment
To Top