Pedagang RB Masih Banjiri Kebi – Berita Kota Kendari
Beranda

Pedagang RB Masih Banjiri Kebi

KENDARI, BKK- Masih banyaknya pedagang pakaian bekas (RB)yang berjualan di sisi pantai Kendari Beach (Kebi), membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan tindakan tegas.

Anggota Komisi II Samsuddin Rahim menjelaskan, sanksi tegas yang perlu diberikan kepada pedagang RB bandel tersebut ialah penyitaan barang dagangan. Tetapi sebelum itu dilakukan perlu ada kesepakatan yang dibuat secara tertulis.

“Sanksi itu penting untuk memberikan efek jerah kepada para pedagang bandel, namun sebelum diterapkan perlu ada perjanjian tertulis dulu dengan para pedagang, sehingga ketika diterapkan para pedagang tidak dapat komplain,” terang Samsuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/8).

Penerapan sanksi ini, lanjut dia, merupakan tindak lanjut atas kebijakan awal yang telah diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terhadap para pedagang untuk berjualan di tengah taman kebi, bukan disisi laut.

“Tujuan kita untuk menegaskan kebijakan pemkot, sehingga para pedagang tidak seenaknya menaati kebijakan itu,” tukasnya.

Apalagi, menurut politikus PAN ini, masalah kebi merupakan perkara yang paling sering dibahas dewan, mulai dari pertama para pedagang berjualan hingga kebijakan untuk mereka tetap berjualan.

“Kita bosan juga kalau masalahnya yang seperti ini terus. Olehnya itu, untuk mengindari hal ini terus berlanjut, kita perlu ada sanksi tegas yang diberikan kepada mereka yang bandel,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kendari Heryanto Sada dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, sepakat dengan keputusan dewan dan dalam waktu dekat akan memanggil semua pedagang untuk menandatangani perjanjian.

“Saya sepakat dengan dewan untuk penerapan sanksi, sebab jika tidak seperti itu, kita juga tidak bisa berbuat apa-apa jika menemukan pedagang bandel selain memberikan teguran,” ungkapnya.(m2/b/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top