Kota Kendari Raih Penghargaan Smart City – Berita Kota Kendari
Beranda

Kota Kendari Raih Penghargaan Smart City

Wali Kota Kendari Asrun (Kanan) Saat Menerima Penghargaan Smart City Dari Telkom Indonesia. (Nirwan/BKK)

Wali Kota Kendari Asrun (Kanan) Saat Menerima Penghargaan Smart City Dari Telkom Indonesia. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Kota Kendari tidak henti-hentinya mendapatkan penghargaan dimasa kepemimpinan Asrun dan Musadar Mappasomba. Salah satunya, Senin (29/8), ibu kota Sulawesi Tenggara (Sultra) ini kembali dianugerahi penghargaan Smart City dari PT Telkom Indonesia.

General Manager (GM) Telkom Indonesia Ruruk Yusuf Logen mengatakan, Kota Kendari merupakan salah satu dari 81 kota yang mendapatkan penghargaan smart city. Hal ini terkait ketersediaan sarana dan prasarana komunikasi dan jaringan fiber optic di sepanjang jalan kota.

“Kami memberikan penghargaan implementasi smar city kepada Kota Kendari, karena Kota Kendari merupakan salah satu Kota yang memiliki layanan optik yang tersebar di sepanjang Kota,” ujarnya.

Usai menerima penghargaan, Arun mengungkapkan, banyak hal yang menjadi indikator smart city, namun diakuinya di Kota Kendari belum bisa sepenuhnya diterapkan. Pihaknya hanya mengambil beberapa indikator yang bisa memenuhi target smart.

“Memang di Kota Kendari belum bisa menerapkan sepenuhnya indikator smart city, tetapi kami mengambil beberapa indikator yang bisa menjadi target smart itu. Misalnya kita membuat acces point, selain itu kami juga akan membuat sekolah-sekolah menjadi smart,” papar Asrun.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah kota (Pemkot) Kendari masih non target berkait smart city, karena menurutnya untuk merespon persoalan yang ada relatif masih bisa terjangkau. Jadi, saat ini pihaknya masih dalam proses penyesuaian.

“Tapi 10 tahun kedepan seluruh Kota Kendari sudah tercover untuk wilayah digital,” terangnya.

Asrun menambahkan, smart city sebenarnya cukup konferensif yang meliputi smart ekonomis, smart people, smart mobility.

“Smart mobility maksudnya adalah jasa transportasinya harus smart, sedangkan smart ekonomis maksudnya adalah harus siap dengan sistem informasi yang lebih cepat dan akurat, bahkan lingkungan juga harus smart,” ungkapnya. (m3/c/nur)

To Top