Kasuistika

Berkas Tersangka Pembegalan Dilimpahkan Di PN Kendari

La Haja SH

La Haja SH

KENDARI, BKK- Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari akhirnya melimpahkan berkas perkara kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari. Tersangka Ambang pun selanjutnya akan menjalani proses persidangan.
Pelimpahan berkas tersangka Ambang ke PN Kendari setelah penyidik Kejari Kendari menyatakan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari pihak penyidik Kepolisian Resor (Polres) Kendari lengkap (P-21).
“Berkasnya sudah dilimpahkan di PN Kendari pada Jumat (26/8) lalu,” kata Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari, La Haja SH di ruang kerjanya, Senin (29/8).
Ia menambahkan, berkas perkara Ambang dari pelimpahan penyidik Polres ke Kejari Kendari sudah dapat menjadi dasar untuk penyusunan dakwaan untuk kepentingan dalam persidangan di PN Kendari. “Penyidik Polres Kendari sudah memenuhi pasal yang diinginkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kendari, yakni Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian yang disertai dengan kekerasan dan Pasal 368 Jo Pasal 55 KUHP,” tambah La Haja.
Dikonfirmasi mengenai Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan nantinya, La Haja mengungkapkan penunjukan JPU dalam perkara ini telah dilakukan. “Yang akan menjadi JPU dalam persidangan nantinya dari Kejari Kendari yakni, Muh Jufri Tabah SH dan Riswana SH. Dakwaannya sudah dibuat tinggal tunggu saja jadwal persidangannya,” ungkapnya.
Diketahui, Ambang ikut terlibat dalam kasus pembegalan yang disangkakan kepada staf Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra, Abdul Jalil. Namun Jalil meninggal dunia sehari setelah ditangkap tim Buru Sergap (Buser) Polres Kendari di kediamannya di Kelurahan Tobimeita Kecamatan Abeli pada Senin (6/6) lalu. (p5/c/aha)