Penerapan K-13 Untuk Kelas Satu SD Terealisasi Baik – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Penerapan K-13 Untuk Kelas Satu SD Terealisasi Baik

KENDARI, BKK- Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Sultra menjamin tidak adak keluhan pada kurikulum 2013 sesetelah melaksanakan keguiata

 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 160 tentang Kurikulum 2013 (K-13) Tahun 2014, Pihak LPPMP Gelar Kegiatan implementasi Kurikulum 2013 khusus untuk kelas satu Sekolah Dasar (SD) Se-Sultra.

Kegiatan yang berlangsung di Zahra Hotel Syariah tersebut dumulai pada tanggal 25-29 Agustus 2016 tersebut dihadiri oleh 72 Peserta dari Konkep, Busel dan Bai-Bau.

Kegiatan tersebut menurut salah satu panitia Muh. Syafri Rumpa mengukapkan kegiatan tersebut lebih fokus pada diskusi mengeani pembelajaran dan penerapan K-13 itu sendiri.

“Tehnis kegiatan ini merupakan kegiatan Focus Grouo Discution (FGD), dimana guru-guru dimintai keterangannya mengenai penerapan dan ditampung masalah-masalah yang berhubungan dengan K-13 khusus kelas 1 SD, ” ungkapnya.

Syafri juga melanjutkan bahwa pelatiahn tersebut selaian FGD juga sebagai pelatihan instruktur dari guru-guru kelas satu ini, sehingga peneparan K-13 bisa lebih efektif pada siswa SD kelas 1 dan Guru sendiri tidak kesulitan.

“Setelah 3 hari kegiatan ini berlangsung, kami belum menerima komplain mengenai penerapan K-13 disekolah-sekoalh terkhusus kelas 1 ini, tetapi kami tetap memfokuskan guru-guru pada program-program yang bisa menambah wawasan mereka pada penerapan K-13 dan tidak kesulitan dalam mengimpelemtasikan kepada siswa-siswa yang diajarkan, ” tambahnya.

Pemateri yang dundang adalah dari Dinas propinsi dan para pengawas dari masing-masing dinas Kabupaten Kota se-Sultra, dan materi yang diberikan itu adalah Mata pelajaran kelas saru SD dan pendidikan Agama Islam dari K-13 itu sendiri.

“Saya rasa ini sangat efektiv dalam mengembangkan kemampuan guru dan juga bagaimana K-13 itu sendiri bisa direalisasikan dengan baik dihadapan para siswa SD, “

Panitia Berharap selain kegiatan tersebut sukses, K-13 itu sendiri bisa terimpelementasi dengan baik seusia tergaet bahwa 2020 mendatang K-13 tersebut sudah diserap dengan baik oleh seluruh sekolah yang ada di Indonesia terkhsus di Sultra. (p7)

 

To Top