Bisnis & Ekonomi

Pasar di Kendari Dirancang Jadi Wisata Belanja

NIRWAN/BKK Niko Samara

NIRWAN/BKK
Niko Samara

KENDARI, BKK – Perusahaan Daerah Pasar Kota Kendari berobsesi menjadikan pasar-pasar di Kendari sebagai salah satu tempat wisata belanja. Dengan begitu, masyarakat diharapkan bisa betah dan tidak lagi sekadar datang belanja lalu pergi.
Direktur PD Pasar Kota Kendari Niko Samara, mengatakan, untuk mewujudkan impian tersebut, pihaknya sudah merancang penataan pasar-pasar yang nyaman. Terutama soal kebersihan, akses yang lapang dan penghijauan.
“Kondisi pasar yang dikelolah oleh PD pasar menurut saya sejauh ini kondisi kebersihannya sudah baik, karena kami berupaya untuk terus meningkatkan kenyamanan di pasar. Sehingga ketika pengunjung datang, mereka tidak kebingungan dan merasa bosan,” kata Niko Samara yang dihubungi, Minggu (28/8).
Niko pun mengklaim kondisi di pasar-pasar di Kota Kendari saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya yang masih semrawut, kumuh dan berbau.
Para pedagang juga dia minta untuk berpenampilan rapi. Sebab keanggunan para penjaga toko biasanya menjadi daya tarik. “Yang wanita tampak cantik, begitu pula lelaki tampak ganteng. Pokoknya bagaimana lah supaya nyaman dipandang mata,” katanya sembari tertawa.
Dia meyakinkan jika kondisi pasar sudah nyaman, maka akan semakin banyak pembelanja yang datang. Perputaran uang pun pasti semakin meningkat.
“Untuk di Pasar Baruga Kendari saja, perputaran uang per harinya bisa mencapai Rp 2,5 miliar sampai Rp 3 miliar per harinya,” katanya.
Tingginya perputaran uang dikarenakan pasar ini menjadi pusat pembelanjaan sayur-sayuran. Pasokan sayuran di Kendari umumnya berasal dari Konawe maupun Konawe Selatan. (m3/b/aha)

To Top