Suksesi

Insya Allah, Empat Pasang Kandidat

KENDARI, BKK– Bursa pasangan calon Wali Kota Kendari sudah mulai mendekati final. Jika tidak ada aral melintang, akan muncul empat kandidat wali kota dan wakil wali kota.

Keempat pasang kandidat tersebut masing-masing (berdasarkan urutan abjad) Abdul Rasak – Haris Andi Surahman, Adriatma Dwi Putra – Zulkarnain, Ishak Ismail – Alwi Genda serta Zayat Kaemoedin – Suri Syahriah Mahmud.
Munculnya keempat pasang ini berdasarkan hitung-hitungan jumlah kursi di DPRD yang sudah membentuk koalisi sesuai persyaratan
Pilkada, yakni 20 persen atau setara tujuh kursi untuk DPRD Kendari. Sebagian partai bahkan sudah mengeluarkan surat keputusan yang ditandatangani oleh pengurus DPP. Sebagian lagi masih berupa rekomendasi dari pengurus wilayah untuk pasangan yang diusungnya.
Abdul Rasak diusung koalisi Partai NasDem dan Partai Golkar, dengan masing-masing tiga dan empat kursi atau total tujuh kursi. ADP disokong 10 kursi dari koalisi PAN (6 kursi), PKS (3 kursi) dan PKB (1 kursi).
Sementara Ishak Ismail juga sudah punya kendaraan politik, yang berasal dari 10 kursi koalisi Partai Gerindra (5 kursi) dan PDIP (10 kursi). Terakhir Zayat Kaemoedin memperoleh koalisi Partai Demokrat (4 kursi), Hanura (2 kursi) dan PPP (1 kursi).
Adapun calon wakil semuanya berasal dari masing-masing partai politik pengusung. Haris Andi Surahman merupakan kader Partai Golkar, Zulkarnain dari PKS, Alwi Genda dari PDIP serta Suri Syahriah Mahmud dari Partai Demokrat. Kabar yang beredar, pemasangan wakil dari kader partai politik merupakan salah satu syarat yang diajukan partai pengusung kepada masing-masing calon wali kota.
Partai-partai pengusung sejauh ini menegaskan tidak akan mengalihkan dukungannya ke pasangan lain. Partai Golkar misalnya, sudah bersuara bulat mendukung Rasak. DPD Partai Golkar Sultra sudah menginstruksikan kadernya agar merapatkan barisan untuk memenangkan Rasak – Haris.
Bahkan Golkar mengancam akan menghukum kader yang terbukti mendukung pasangan lainnya. “Bagi anggota DPRD yang diketahui ketika Pilwali nanti mendukung kader lain selain Rasak, akan kami berikan sanksi. Bisa di-PAW,” kata Ketua I Bidang Organisasi DPD Partai Golkar Kendari, Mauluddin
Koalisi Parpol pengusung ADP dan Zulkarnain juga sudah solid. Bahkan pihak ADP masih mengincar partai lain untuk ditambahkan ke dalam koalisi.
“Saat ini kami masih mengincar satu atau dua partai lagi untuk memuluskan pemenangan ADP,” kata Ketua Tim Pemenangan ADP, Samsuddin Rahim tanpa merinci partai yang dimaksud.
Pernyataan tegas juga disampaikan PDIP yang tergabung dalam koalisi pendukung Ishak Ismail – Alwi Genda. Wakil Ketua DPW PDIP Sultra, Agus Sana’a memastikan dukungan partainya tidak akan beralih ke kandidat mana pun.
“Hanya kejadian luar biasa yang bisa menyebabkan (peralihan dukungan) itu terjadi. Sampai sekarang, kita sudah sepakat mendukung Ishak – Alwi,” kata Agus yang dihubungi Minggu (28/8) kemarin.
Sementara Partai Demokrat sudah menjamin kursinya untuk Zayat Kaemoedin, menyusul turunnya restu dari Cikeas. Kepastian dukungan Partai Demokrat disampaikan Sekretaris DPD Partai Demokrat, Abdul Nasar.
“Insya Allah SK partai akan diterima besok (Senin, 29 Agustus) di Kantor DPP Demokrat,” kata Nasar.
Menurut Nasar, pihaknya mendukung Derik karena tren elektabilitasnya terus naik belakangan ini. Bahkan survei yang digelar internal Demokrat menempatkan Derik di urutan tertinggi.
Yang menarik, Partai Demokrat mendorong kader perempuan, Suri Syahriah, sebagai wakil Derik. Sehingga dari semua pasangan kandidat, hanya Suri satu-satunya yang mewakili unsur perempuan.
Nasar pun tak menampik masuknya Suri sebagai salah satu bentuk komitmen dengan Derik untuk mendapatkan dukungan Partai Demokrat. Namun lebih dari itu, Demokrat menilai masuknya Suri akan menjadi poin plus tersendiri.
Pasalnya, Suri merupakan anggota DPRD Kendari dengan raihan jumlah suara tertinggi di Daerah Pemilihan I yang meliputi Kendari dan Kendari Barat. Suri juga memiliki jaringan yang luas, mulai dari alumni SMA 1 Kendari, Pascasarjana Universitas Halu Oleo, kepramukaan hingga dunia modelling.
Saat dihubungi Berita Kota Kendari, Suri yang tak lain istri dari Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhammad Endang ini menyatakan kesiapannya untuk maju dalam kancah kepemimpinan Kota Kendari. “Kami akan berusaha maksimal untuk memenangkan pertarungan ini,” katanya.  (m2/a/aha)

To Top