Hari Ini Panwasli Kota Gelar FGD – Berita Kota Kendari
Beranda

Hari Ini Panwasli Kota Gelar FGD

KENDARI, BKK – Panitia Pengawas Pemilihan Walikota (Panwasli) Kota Kendari menggelar focus group discussion (FGD) tentang partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilwali yang berlangsung di Ballroom Same Hotel Kendari, Senin (29/8) hari ini.

Ketua Panwasli Kota Kendari Alasman Mpesau SH MH dalam rilisnya kepada Berita Kota Kendari (BKK) menjelaskan masyarakat Kota Kendari menaruh harapan besar kepada penyelenggara untuk melaksanakan pilwali dengan sukses, aman dan damai.

“Jangan ada konflik terjadi karena perbedaan pilihan politik. Atau konflik terjadi karena banyaknya pelanggaran,” kata Alasman dalam rilisnya Sabtu (27/8).

Dia menegaskan, pelanggaran dalam pilkada dapat diminimalisir jika semua elemen masyarakat secara bersama-sama melakukan pengawasan setiap tahapan pilkada.

“Paling tidak hal terkecil yang dilakukan masyarakat adalah mengawasi dirinya untuk tidak melakukan pelanggaran,” katanya.

FGD untuk meningkatkan partiisipasi masyarakat dalam pengawasan pilwali bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta bahwa pengawasan pilwali bukan menjadi tanggungjawab Panwasli semata.

“Selain itu untuk merumuskan formulasi pengawasan berbasis masyarakat yang efektif dan efisien,” ujarnya.

FGD akan menampilkan nara sumber yakni Sekda Kota Kendari Dr Alamsyah Lotunansi MSi, akademisi Hariman Satria SH LLM, praktisi media Jumwal Shaleh SP, Komisioner Bawaslu Sultra Munsir Salam, Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu dan Direktur Sultra Demo Arafat SE MM.

Pada sesi pertama Sekda Alamsyah Lotunani akan menyampaikan materi peran Pemkot Kendari dalam menjaga netralitas PNS pada penyelenggaraan Pilkada. Hariman Satria menyampaikan materi visibilitas penegakan hukum pilkada, dan Jumwal Shaleh menyampaikan materi independensi media dalam perpolitikan daerah.

Selanjutnya pada sesi kedua Munsir Salam menyampaikan materi membangun proaktif masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap Pilkada Kota Kendari. Hayani Imbu menyampaikan materi titik-titik krusial terjadinya pelanggaran pada tahapan penyelenggaraan Pilkada di Kota Kendari. Dan Arafat menyampaikan materi pengawasan sesungguhnya ada pada masyarakat.

FGD yang akan dipandu modetator Asnar Syarifuddin dan Aco Rahman Ismail akan diikuti sekitar 80 peserta terdiri dari anggota Panwascam, PPK, utusan Parpol, organisasi kemahasiswaan, LSM, dan jurnalis. (lex)

 

Click to comment
To Top