SMAN 1 Kendari Juarai Festival Musikalisasi Puisi – Berita Kota Kendari
Beranda

SMAN 1 Kendari Juarai Festival Musikalisasi Puisi

KENDARI,BKK- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kendari, berhasil keluar sebagai juara satu pada festival musikalisasi puisi yang diselenggarakan Badan Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 23 Agustus lalu.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMAN 1 Kendari Sitti Zatiar Ihfa mengatakan, festival musikalisasi puisi yang diselenggarakan badan kantor bahasa tersebut, merupakan kegiatan tahunan. Hal ini juga dilakukan sebagai ajang seleksi untuk perwakilan Sultra di tingkat nasional.

“Kami menurunkan lima orang siswa dengan memainkan beberapa alat musik yang berbeda,” tutur zatiar di ruang kerja guru SMAN 1 Kendari, Jumat (26/8).

Kelima siswa tersebut yakni Muhammad Lut septian dengan memainkan gitar melodi, Ardito Kenanya memainkan bass dan keyboard, Syukur Sutrawan memainkan biola juga sebagai vokalis, Syafer Yosa dengan memainkan lado-lado dan chum, serta Jesika Natalia Jie yang memainkan marakas juga sebagai vokalis.

Musikalisasi puisi yang diikuti sejumlah SMA sederajat se Sultra itu, lanjutnya, adalah puisi yang diaransemen menjadi sebuah lagu dan diiringi oleh musik.

“Jadi disitu perpaduan antara musik dengan lagu dan tidak ada lagi membaca puisi tetapi dibuat menjadi satu kemasan lagu yang diciptakan anak anak kami. Ada dua puisi yang dibawakan peserta festival tersebut yang terdiri dari satu puisi wajib yang ditentukan pihak penyelenggara dan satu puisi bebas dari peserta itu sendiri,” terangnya.

Siswa yang mewakili SMAN 1 Kendari tersebut, tambahnya, adalah siswa yang aktif di sanggar sekolah. Sementara persiapan yang dilakukan sekolah untuk menghadapi festival tersebut dilakukan selama dua minggu. (p8/c/nur)

 

Click to comment
To Top