Jaksa Masih Teliti Berkas Brigadir Ikhsan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Jaksa Masih Teliti Berkas Brigadir Ikhsan

KENDARI, BKK – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara akhirnya melimpahkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Brigadir Ikhsan kepada Kejaksaan Tinggi Sultra. Brigadir Ikhsan terjerat kasus kematian pegawai honorer Badan Narkotika Nasional Provisi (BNNP) Sultra, Abdul Jalil Arqam, Juni lalu.
Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra, Janes Mamangkey SH menyatakan berkas anggota tim Buru Sergap (Buser) Kepolisian Resor (Polres) Kendari tersebut masih diteliti. Penyidik belum bisa menyimpulkan apakah berkas itu sudah lengkap untuk selanjutnya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari.
“Sudah diterima berkasnya dan saat ini masih sementara diteliti. Jika ada kekurangan maka akan kembali diserahkan ke penyidik Polda untuk dilengkapi,” kata Janes saat ditemui di ruangannya, Jumat (26/8).
Ia menambahkan, dalam berkas BAP Brigadir Ikhsan, itu ada enam saksi yang juga menjadi anggota tim Buser Polres Kendari yang ikut diperiksa. Namun mengenai siapa saja enam anggota tim Buser tersebut, Janes enggan menyebutkan identitasnya.
“Itu saja ya. Semoga berkasnya tidak ada yang kurang biar kami langsung limpahkan ke PN Kendari untuk proses persidangan,” tambah Janes.
Dikonfirmasi mengenai penunjukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara tersebut, Janes mengungkapkan Kejati sudah menyiapkannya. “Sudah ada JPUnya dari Kejati Sultra. Aedi SH dan Eki SH yang akan jadi JPU dalam perkara ini,” ungkapnya.
Lanjutnya, sesuai dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), pemeriksaan berkas akan dilakukan dalam 14 hari ke depan. “Jika dari penelitian penyidik berkasnya dinyatakan lengkap, maka akan langsung disidangkan. Tetapi jika masih ada kekurangan, berarti akan kami kembalikan ke penyidik Polda Sultra untuk dilengkapi,” pungkasnya. (p5/c/aha)

To Top