Besok, JCH Konut Berangkat – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Besok, JCH Konut Berangkat

WANGGUDU, BKK – Jemaah calon haji (JCH) asal kabupaten Konawe Utara (Konut) bakal diberangkatkan besok, Minggu (28/8). JCH asal Konut yang berjumlah 5 orang tersebut tergabung dalam Kloter 19 bersama JCH asal kabupaten Konawe, Kota Kendari, dan Kabupaten Buton Utara (Butur).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konut, Asrani SAg mengatakan, ibadah haji tahun ini sediki berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari peserta yang hanya didominasi kaum hawa. Hingga jumlah kuota yang mengalami sedikit penurunan.

“Kondisi kesehatan calon jemaah juga juga lebih baik dari tahun sebelumnya. Alhamdulillah sejak hingga pada saat manasik kemarin semuanya dalam keadaan sehat dan bugar,” ungkap Asrani, Jumat (26/8).

Dikatakan Asrani, sebelum diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Haluoleo. Seluruh JCH akan dilepas oleh pemerintah setempat. Kali ini, mereka akan dilepas oleh Plt Sekretaris Daerah (Sekda), dr Marthaya.

Pada saat pelepasan, lima orang ini akan menerima bantuan biaya lokal dan pemeriksaan kesehatan dari Bupati Konut sebesar Rp 4,57 juta. “Biasanya bupati yang lepas dan serahkan langsung bantuan. Tapi tidak memungkinkan karena beliau juga lagi di tanah suci. Pak wakil juga kita konfirmasi lagi dinas keluar daerah,” katanya.

JCH yang akan diberangkatkan merupakan pendaftar haji sejak tahun 2009. Mereka sudah masuk dalam daftar tunggu di Kementerian Agama Konut selama tujuh tahun. Jika sesuai jadwal, seluruh JCH asal Konut ini akan kembali ke tanah air 22 Oktober di Bandara Haluoleo.

Saat ini daftar tunggu haji di kantor Kemenag Konut tercata mencapai 350. Jumlah ini merupakan akumulasi dari pendaftar sejak tahun 2010 lalu. Dari ratusan daftar tunggu ini, terdapat 12 orang pendaftar usia lanjut (Lansia).

“Tahun depan insyalaah akan bertambah. Bisa mencapai belasan orang. Khusus lansia kita akan upayakan supaya ikut berangkat tahun depan,” jelas Asrani. (k7/c)

 

To Top