Sidang Tuntutan Mantan Ketua KPU Ditunda – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Sidang Tuntutan Mantan Ketua KPU Ditunda

KENDARI, BKK – Sidang tuntutan perkara korupsi yang menyeret mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Syam Abdul Jalil harus tertunda. Penyebabnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kendari belum menyiapkan materi penuntutan.

Sesuai jadwal, seharusnya pembacaan tuntutan digelar di Pengadilan Tipikor Kendari, Kamis (25/8) kemarin. Namun karena masalah itu, pembacaan tuntutan ditunda hingga Kamis (1/9) pekan depan.
“Mohon izin yang mulia, pembacaan tuntutan hari ini ditunda karena materi tuntutan belum disiapkan,” kata JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari, Muhammad Jufri Tabah SH dihadapan majelis hakim yang diketuai Mustari SH.
Jufri Tabah yang ditemui usai sidang menjelaskan pihaknya belum merampungkan berkas penuntutan karena disibukkan dengan banyaknya perkara yang masuk di Kejari Kendari. Sementara jumlah jaksa tidak sebanding dengan perkara yang harus ditangani.
“Kita sibuk sekali, sehingga kita (tim JPU) belum bisa menyiapkan materinya,” singkat Jufri.
Diketahui, Syam Abdul Jalil ditetapkan sebagai tersangka setelah Purbatin Haddi memberikan keterangan di sidang beberapa waktu lalu. Menurut Purbatin, Syam memindahkan dana hibah Pilwali Kota Kendari 2012 dari rekening milik KPU Kota Kendari ke rekening pribadi miliknya di dua bank berbeda yakni Bank Artha Graha dan Bank CIMB Niaga senilai Rp 1,3 miliar.
Atas perbuatannya, terdakwa dijerat dengan Pasal 2 Jo Pasal 3 undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP. (p5/b/aha)

Click to comment
To Top