Reputasi Rasak Takkan Terpengaruh – Berita Kota Kendari
Suksesi

Reputasi Rasak Takkan Terpengaruh

Dr Bahtiar (RAHMAT R. / BKK)

Dr Bahtiar (RAHMAT R. / BKK)

KENDARI, BKK- Penetapan Nur Alam sebagai tersangka oleh KPK tidak akan berimbas pada reputasi Abdul Rasak. Publik diyakini bisa memisahkan antara urusan hukum dan politik. Dalam artian, masyarakat bisa memahami bahwa apa yang menimpa Nur Alam, tidak ada sangkut pautnya dengan Abdul Rasak.
Demikian pendapat yang disampaikan pengamat politik dari Universitas Halu Oleo, Dr Bachtiar saat berbincang dengan Berita Kota Kendari, Kamis (25/8). Hanya saja, ingatnya, masalah hukum yang menjerat Gubernur Sultra tersebut tetap punya pengaruh terhadap kerja-kerja politik Abdul Rasak.
“Reputasinya mungkin tidak terpengaruh. Tapi masuknya Nur Alam dalam jerat KPK akan berdampak pada kekuatan politik Abdul Rasak. Dan itu bisa sangat besar sekali dampaknya,” kata Bachtiar.
Bagaimana tidak, Nur Alam secara terbuka menyampaikan dukungannya kepada Abdul Rasak. Itu bisa dilihat melalui banyaknya baliho yang memajang gambar Abdul Rasak dan Nur Alam.
Nur Alam diyakini memiliki kekuatan politik yang cukup besar, yang jika saja tidak tersangkut persoalan hukum, akan membuat Abdul Rasak menjadi lawan yang sangat tangguh. Apalagi, survei selalu menempatkan Abdul Rasak di posisi paling tinggi, baik popularitas maupun elektabilitasnya.
“Yang jadi pertanyaan besarnya memang, bagaimana pencalonan Rasak ke depan? Kalau saya melihat, tanpa dukungan langsung dari Nur Alam, bisa berisiko bagi Rasak,” kata Dekan FISIP tersebut.
Bachtiar menjelaskan, dukungan Nur Alam ini awalnya memberikan rasa percaya diri bagi Rasak yang saat ini terancam akan dikeluarkan dari PAN. Dukungan itupula yang diyakini mendorong Rasak maju melalui partai lain.
Lantaran disokong kekuatan yang besar dari Nur Alam, Rasak pun tidak terlalu dipusingkan dengan ancaman pemecatan dari PAN yang juga berarti keluarnya dia dari DPRD Kendari. Namun dengan masalah hukum yang kini menjerat Nur Alam, para elit politik pendukung Rasak kemungkinan akan mulai berpikir-pikir.
“Sekarang Rasak harus timbang matang-matang pencalonannya. Karena pasti Nur Alam akan sibuk dengan kasusnya. Slogan ‘Jangan Biarkan Rasak Berjuang Sendiri’ pasti berubah,” katanya.
Lebih jauh lagi, Bachtiar memprediksi masalah yang menimpa Nur Alam akan mengubah konstalasi politik pada Pemilihan Wali Kota Kendari ini. Hal itu akan terlihat dari sikap partai-partai politik pendukung Rasak dalam beberapa waktu ke depan. (p7/b/aha)

To Top