Pemkab Kolaka Gelar Pengobatan Wasir Metode Pila – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pemkab Kolaka Gelar Pengobatan Wasir Metode Pila

Masyarakat padati tempat pelaksanaan pengobatan wasir secara gratis yang dilaksanakan Pemkab Kolaka, Kamis (25/8). (Foto: Armin/BKK)

Masyarakat padati tempat pelaksanaan pengobatan wasir secara gratis yang dilaksanakan Pemkab Kolaka, Kamis (25/8). (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka menggelar pengobatan wasi atau ambeien dengan metode Pila secara gratis, kamis (25/8) di gedung Akademi Perawatan (Akper) Pemda.

Ketua panitia pengobatan gratis yang juga direktur Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka, dr ‎Hasbi Cukke mengatakan, pelayanan pengobatan ambeien dengan metode pila dilaksanakan Pemkab Kolaka bekerjasama dengan RS Medika Mulya Wonogiri. Pihaknya mendatangkan dokter spesialis yakni dr Paran Bagiantoro SpbB FinaCs Fics.‎ Bagi yang menderita ambeien, selain menderita rasa sakit, juga rasa malu di tengah masyarakat.

“Pengobatan wasir tanpa operasi dengan menggunakan metode pila. Prosesnya hanya lima menit,” ungkapnya.

Diungkapkannya, tahun 2015 di Kolaka ditemukan sedikitnya 18 penderita ambeien. Hanya saja tidak ada pasien yang datang berobat di Puskesmas. Begitupun tahun 2016 terdapat 11 penderita yang ditangani. Karena itu, diharapkan melalui pengobatan gratis ini, masyarakat datang berobat, sehingga mereka tidak lagi merasa sakit.

“Sasaran pengobatan merupakan masyarakat umum sebanyak 200 orang. Sampai saat ini terdaftar 180 orang. Hari ini hanya 100 pasien yang dapat ditangani, sisanya besok (hari ini red),” kata Hasbi.

Dr Paran Bagiantoro mengungkapkan, semua manusia rata-rata menderita penyakit ambeien, namun benjolannya tidak begitu besar sehingga tidak perlu operasi. Adapun penanganan penyakit ambeien ini dilakukan dalam tiga tahapan, yakni suntik, ikat, dan operasi.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei saat membuka acara pengobatan gratis berharap target 200 pasien yang menderita ambeien dapat terpenuhi, sehingga kedepan pengobatan gratis seperti ini bisa kembali dilaksanakan. ‎(cr3/c)

Click to comment
To Top