Menghukum Siswanya Secara Wajar, Guru Tak Mesti Jadi Korban Kekerasan – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Menghukum Siswanya Secara Wajar, Guru Tak Mesti Jadi Korban Kekerasan

KENDARI, BKK – Maraknya tindak kekerasan yang dilakukan orang tua siswa terhadap tenaga pengajar di beberapa daerah di Indonesia, membuat Kepala Sekolah (Kepsek) di Kota Kendari geram. Apa lagi bila itu terkait pemberian hukuman yang masih dalam tahap wajar, kepada siswa yang dinilai melanggar.
Kepsek Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kendari Mansur Mokuni mengatakan, siswa yang melanggar dan dihukum oleh guru merupakan suatu bentuk pendidikan agar siswa yang bersangkutan bisa disiplin. Hanya saja terkadang siswa dan orang tuanya memberikan respon yang berlebihan terhadap upaya guru tersebut.
“Seorang guru pasti memberikan sanksi yang masuk akal, sehingga siswa dihukum guru menurut saya sangat wajar ” ungkap Mansur, Kamis (25/8).
Dikatakannya, peran guru jelas adalah untuk mendidik siswa-siswanya. Namun dalam menjalankan tugasnya itu, guru sering diperhadapkan dengan anak didiknya yang berulah dan memerlukan cara tersendiri untuk mengatasinya. Salah satunya dengan memberikakan sanksi atau hukuman yang masih dalam batas kewajaran.
“Olehnya itu, saya harapkan kepada seluruh siswa yang ada diseluruh Indonesia maupun di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada khususnya, janganlah mengadu kepada orang tua jika dihukum guru. Asalkan hukuman yang diberikan masih wajar,” paparnya.
Hal yang sama juga diungkapkan Kepsek SMPN 1 Kendari Mahdin. Menurutnya, para siswa seharusnya tidak langsung melapor kepada orang tua ketika ada maslah disekolah, tetapi masalah tersebut harus diselesaikan di sekolah.
“Kami harap kekerasan yang menimpa para guru tidak terjadi lagi, sebab biar dalam kondisi genting bagaimanapun guru pasti tetap akan memberikan didikan yang terbaik untuk para siswanya,” katanya. (m3/b/nur)

Click to comment
To Top