Masih Banyak Masayarakat Kendari Malas Urus IMB – Berita Kota Kendari
Beranda

Masih Banyak Masayarakat Kendari Malas Urus IMB

KENDARI, BKK – Saat akan mendirikan bangunan, masyarakat diwajibkan untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Namun faktanya di Kota Kendari, masih ada beberapa kelompok masyarakat yang malas dan kurang kesadaran untuk melakukan pengurusan dan membiarkan bangunannya berdiri tanpa izin dari pemerintah tersebut.

Hal itupun diakui Kepala Seksi (Kasi) Rekomendasi dan Kelayakan Bangunan Dinas Tata Kota Kendari Ibnu Hajar Habu. Ia menduga, belum maksimalnya pengurusan IMB tersebut akibat ketidaktahuan masyarakat mengenai pentingnya memiliki izin saat akan mendirikan bangunan.

“Selama ini, sudah banyak masyarakat yang kita tegur karena belum memiliki IMB. Bahkan ada juga masyarakat yang main kuncing-kucingan dalam membangun,” ungkap Ibnu Hajar Habu saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/8) .

Sejauh inipun, bila menemukan masyarakat yang membangun tanpa miliki IMB maka pihaknya melakukan proses penertiban yang dimulai dari teguran tertulis selama tiga kali. Jika teguran itu tak diindahkan maka bangunannya akan disegel.

Setelah dilakukan penyegelan namun pemilik bangunan tak juga mengurus IMB maka akan diterbitkan surat perintah pembongkaran sendiri.

“Namun jika masih juga tidak dilakukan maka kami terpaksa akan mengambil jalan terakhir yakni penertiban atas persetujuan yang dikeluarkan wali kota,” paparnya.

Akan tetapi, terang dia, yang melakukan pembongkaran bukan lingkup Dinas Tata Kota. Pembongkaran itu dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari beberapa unsur.

“Selami ini kami mengakui masih banyak masyarakat yang belum memiliki IMB, hal itu disebabkan selain kurangnya kesadaran dari masyarakat juga disebabkan bentuk pengawasan yang kita berikan belum maksimal karena keterbatasan anggota,” tambahnya. (m3/b/nur)

 

To Top