Disdukcapil Butur Berupaya Kejar Target – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Disdukcapil Butur Berupaya Kejar Target

Masyarakat berbondong-bondong mengurus KTP elektronik di Kantor Disdukcapil Butur, Kamis (25/8). (Darso/BKK)

Masyarakat berbondong-bondong mengurus KTP elektronik di Kantor Disdukcapil Butur, Kamis (25/8). (Darso/BKK)

BURANGA, BKK – Masyarakat di Kabupaten Buton Utara (Butur) ternyata masih banyak yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dengan jumlah di bawah 75 persen dari 55 ribu jiwa wajib KTP. Kondisi itu secara otomatis belum memenuhi target Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri), yakni akhir bulan depan minimal kepemilikan e-KTP harus capai 75 persen.

Belum sepenuhnya masyarakat memiliki e-KTP karena belum melakukan perekaman. Penyebabnya, masyarakat sendiri yang selama ini dinilai belum menyadari pentingnya e-KTP. “Mungkin faktornya banyak. Salah satu faktor adalah sakit parah atau lanjut usia. Ada juga yang tidak peduli,” kata kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Butur Drs Asri MAP ketika dikonfirmasi di kantornya, kemarin.

Meskipun demikian, pihaknya terus berupaya agar masyarakat bisa semuanya melakukan perekaman dengan meningkatkan pelayanan baik itu di Kantor Disdukcapil maupun mulai beberapa waktu lalu telah melakukan langkah seperti turun langsung ke daerah terpencil untuk menyosialisasikan pentingnya e-KTP tersebut. Termasuk menguruskannya langsung kemasyarakat dengan sistem mobile atau menjemput bola. Bahkan, ada juga petugas yang ditempatkan di tiap-tiap Kecamatan yang selalu siaga untuk melayani masyarakat.

“Ini prioritas kita agar seluruh masyarakat bisa melakukan perekaman, walaupun warga tak akan pernah habis karena selalu saja ada wajib KTP yang baru seperti yang baru cukup umur 17 tahun,” imbuhnya.

Dengan adanya surat dari Kemendagri berkait batasan perekaman e-KTP, hal itu membuat masyarakat akhir-akhir ini berbondong-bondong mendatangi Kantor Disdukcapil Butur. “Beberapa hari ini banyak masyarakat yang setiap harinya sudah datang melakukan perekaman,” akunya.

Oleh karena itu, pihaknya optimis bakal mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Untuk mencapai hal tersebut, Asri juga mengimbau agar masyarakat mempunyai kesadaran akan pentingnya kepemilikan e-KTP dengan langsung melakukan perekaman. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top