Baubau Optimis Dapat Penghargaan WTN – Berita Kota Kendari
Aktualita

Baubau Optimis Dapat Penghargaan WTN

BAUBAU, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau optimis tahun ini mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN). Penghargaan untuk kota yang baik dalam pengelolaan transportasi itu rencananya akan diberikan Presiden RI, Joko Widodo setelah seluruh penilaian dilakukan.
Dalam penilaian WTN tahap III yang digelar di Aula Kantor Walikota Baubau, Kamis (25/8), Walikota Baubau, AS Tamrin memaparkan komitmen dan kebijakan Pemkot Baubau dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan. Untuk meraih itu, kata Walikota, dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.
Dari beberapa rekomendasi yang diberikan Ketua Tim Penilai WTN, Baitul Ihwan untuk Kota Baubau, Pemkot siap menindaklanjutinya dengan melakukan pembenahan di beberapa tempat. Rekomendasi itu, kata dia, untuk perbaikan sarana dan prasarana transportasi Kota Baubau.
“Makanya kita berusaha, tidak bisa kita takabur juga, karena bukan kita penentu, rasanya kita ada keyakinan (mendapatkan Piala WTN),” tuturnya.
Ketua Tim Penilai WTN Kementerian Perhubungan Ri, Baitul Ihwan     mengatakan, peluang Kota Baubau untuk mendapatkan WTN cukup besar. Secara umum, kata dia, sarana prasarana transportasi di Kota Baubau cukup baik, namun masih ada beberapa titik yang perlu ditingkatkan dan dibenahi.
“Bukannya tidak ada, tapi masih butuh beberapa perbaikan, akan lebih sempurna kami berikan PR (pekerjaan rumah), dalam waktu dekat dinas perhubungannya melakukan perbaikan, sehingga memperkuat pemberian WTN,” katanya.
Dari empat aspek yang dinilai diantaranya, sarana, prasarana, lalu lintas, dan kedisiplinan pengendara, dan pelayanan kepada masyarakat, semuanya cukup baik. Beberapa rekomendasi yang diberikan kepada Pemkot Baubau  semuanya berkaitan dengan pelayanan dan keselamatan berkendara.
Di tempat yang sama, Ketua DPRD Baubau, Roslina Rahim, menyebut rekomendasi yang diberikan Kementerian Perhubungan merupakan masukan yang sangat bagus untuk Pemkot Baubau. Itu merupakan tugas dari pemkot baubau dalam rangka mencapai visi dan misi.
“Kalau semua rekomendasi yang diberikan tim penilai, dan dilakukan pemerintah ini kita sudah dalam Kota Baubau yang tampil dalam menuju mesra,” tuturnya.
Rekomendasi dari tim penilai juga kata dia selalu dibahas DPRD untuk pemkot, semuanya kata dia selalu disampaikan agar tertib berlalu lintas, tertib parkir. Beberapa perda yang sudah dibuat terkait dengan perhubungan kata dia, tinggal penerapan di masyarakat yang masih sangat kurang.
“Itu yang kami sesali, perda sudah ada, tidak ada realisasi di lapangan,” tuturnya. (k2/c/aha)

Click to comment
To Top