Tafdil Siap Diperiksa KPK – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Tafdil Siap Diperiksa KPK

Tafdil

Tafdil

RUMBIA, BKK – Rencana pemanggilan dua kerpala daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkait kasus dugaan suap izin pertambangan dari tahun 2009 hingga 2014 yang melibatkan Gubernur, H Nur Alam ternyata sudah beredar di kalangan masyarakat Bombana.

Bupati Bombana, H Tafdil sendiri saat dikonfirmasi sejumlah awak media di Rumbia, Rabu (24/8) mengaku, sudah siap memenuhi panggilan KPK. Menurut Tafdil, sebagai orang yang taat hukum dan menjadi pejabat bupati Bombana periode 2011-2016, dirinya akan memenuhi panggilan.

“Saya siap diperiksa oleh KPK berkaitan dengan kasus ini, saya akan penuhi panggilan jika dibutuhkan,” ujar Tafdil.

Kendati begitu, Tafdil mengaku, jika kasus yang menyeret orang nomor satu di Sultra tersebut tidak berhubungan dengan dirinya sebagai Bupati Bombana. Pasalnya, ujar dia, proses pembuatan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang diduga bermasalah tersebut sudah terbit sebelum dirinya menjabat bupati.

“Proses penerbitan izin tambang yang berkaitan dengan kasus ini sudah terbit sebelum saya menjabat bupati di sini. Namun jika saya dibutuhkan saya akan hadiri panggilan KPK,” ujarnya.

KPK resmi menetapkan Nur Alam sebagai tersangka pada, Selasa (23/8) atas kasus dugaan suap izin pertambangan dari tahun 2009 hingga 2014. Informasi yang dihimpun, tidak kurang dari 40 orang penyidik KPK diterjunkan ke Kendari. Para petugas KPK memulai aksi penggeledahannya mulai dari Kantor Gubernur, Rujab, dan rumah pribadi milik Nur Alam. (cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top