Suksesi

Lakukan Singkronisasi Data Pemilih, KPU Temukan Pemilih Kategori TPS Nol, Jumlahnya Besar

Iwan Rompo

Iwan Rompo

Kendari, BKK – Ada hal yang mencengankan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari melakukan singkronisasi data pemilih dari data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 dengan DP4 dari Pemerintah Kota Kendari. Yakni ditemukannya pemilih kategori TPS Nol.

 

Hal itu diungkapkan anggota Komisioner KPU Sultra yang juga Korda Kota Kendari, Iwan Rompo SSos MSi saat mmeberikan pengantar pada dialog publik tentang Pilwali Kota Kendari Sukses Tanpa Konflik yang diselenggarakan Sultra Demo di Hotel Kubar Kendari, Kamis (25/8).

 

“Apa itu pemilih TPS Nol? Adalah pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih tetapi tidak terdaftar di TPS.Dan jumlahnya lumayan banyak sekitar sembilan ribuan,” kata Iwan Rompo.

 

Iwan menyatakan pemilih kategori TPS nol ini berada di semua TPS di Kota Kendari kecuali dua TPS salah satunya PTS Abeli Dalam Kec Puuwatu.

 

Menurut Iwan yg juga kandidat Doktor UI, pemilih yang masuk kategori TPS nol ada dua yakni pemilih yang tidak terdata bagus di RT/RW dan pemilih pemula.

 

Selain itu Iwan juga menilai data pemilih yang ada di Didalih berpotensi adanya kerawanan, karena boleh jadi ganda dan juga memilih di lain daerah. Dia mencontohkan nama Ketua KPU Kota Kendari bisa saja terdaftar dua nama yakni ada Hayani Imbu dan Hayani Imbu SSos. Selain pemilih yang baru-baru ini memilih di Raha boleh jadi juga terdaftar menjadi pemilih di Kota Kendari.

 

Olehnya itu Iwan Rompo meminta KPU Kota Kendari benar-benar melakukan verifikasi dan pendataan dengan baik, sehingga data yang ditemukan benar-benar valid.

 

“Konflik pilkada biasanya berawal dari masalah DPT, dan ini terjadi secara nasional. Olehnya itu harus dilakuka. pendataan secara valid,” kata Iwan.

 

Dia juga meminta Bawaslu, Panwaslu agar masalah pendataan pemilih ini diawasi sejak tahapan cooklid, sehingga masalah bisa diminamalisir. “Pengawas lapangan sudah harus melakukan pengawasan sejak dalam tahapa. cooklid, sehingga sejak dini bisa diatasi masalah DPT,” tefasnya. (lex)

To Top